Home / Kliping / Pemerintah akan melarang pembangunan properti di lahan kosong
lahan

Pemerintah akan melarang pembangunan properti di lahan kosong

Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan melarang pembangunan properti di lahan kosong dalam kurun waktu tertentu untuk mengontrol pembangunan yang terlalu masif dan tidak tertata di sejumlah kota di Indonesia.

“Saya berpikir mungkinkah ada kawasan yang tidak bisa atau tidak boleh dibangun mulai hari ini dalam jangka waktu 10 tahun ke depan. Tentu saja ini untuk mengatasi masalah pembangunan hari ini,” ujar Ferry di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Ferry menuturkan, sejak dahulu pembangunan perkotaan tidak terencana. Jakarta misalnya, pada awal pengembangan didesain untuk pembangunan terbatas.

Kemudian, muncul pembangunan di selatan Jakarta, timur, dan mengarah ke Bekasi. Pembangunan yang lebih banyak didominasi oleh perumahan ini seringkali mengatasnamakan “timur Jakarta”, padahal nyatanya terletak di Bekasi. Tak lain, hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai properti.

Di sisi lain, dampak hal tersebut adalah pembangunan yang tidak tertata. Untuk mengatasinya, pemerintah akan melarang pembangunan fisik di satu kawasan dalam kurun waktu misalnya 10 tahun mendatang. Ferry menyebutkan, hal ini adalah upaya untuk mengontrol pemanfaatan lahan yang berlebihan.

Menurut dia, ini adalah langkah awal bahwa tata ruang itu mampu mengendalikan pemanfaatan lahan yang tidak bersifat mutlak, eksklusif, atau suka-suka.

“Kalau ini dimungkinkan, kita tinggal pilih daerah yang mana. Daerah ini nanti harus dimoratorium untuk dibekukan pembangunannya selama 10 tahun,” jelas Ferry.

Check Also

Jalur 10 di Stasiun Manggarai ditutup sejak 23 Januari 2019. Hal itu dilakukan guna mempercepat revitalisasi Stasiun Manggarai. Jalur 10 yang biasa ditempati oleh KRL jurusan Jakarta-Depok/Bekasi akan dialihkan ke jalur 8, 5, dan 4. Meski penutupan telah berlansung selama tiga hari, tidak tampak adanya penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai. Sejumlah penunjuk arah dipasang begitu juga dengan petugas stasiun yang mengarahkan para penumpang, Sabtu (26/1/2019).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

Pemindahan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir ke Manggarai, Wujudkan Konsep Lama…

JAKARTA, KOMPAS.com – Stasiun Gambir, Jakarta Pusat tak lagi melayani angkutan Kereta Api (KA) jarak …