Home / Kegiatan / Lingkungan Hidup / Seminar Nasional Tata Kelola Kehutanan dan Iklim
iklimglobal

Seminar Nasional Tata Kelola Kehutanan dan Iklim

Jakarta, (3/11). Bertempat di Hotel Sari Pan Pasific dan dipimpin oleh NGO Kemitraan, seminar ini bertujuan untuk membahas isu-isu kehutanan dan perubahan iklim di Indonesia.

Beberapa isu kehutanan dan perubahan iklim yang dibahas di dalam seminar ini antara lain terkait i) moratorium PIPIB yang belum efektif, ii) rencana kunjungan kerja Kementerian LHK ke Perancis, iii) PNBP Bidang Kehutanan belum optimal, iv) keterbukaan informasi kehutanan perlu ditingkatkan, dan v) percepatan pelaksanaan perhutanan sosial sebagai target RPJMN 2015-2019.

Pelaksanaan Perhutanan Sosial sebagai Target RPJMN 2015-2019 direalisasikan melalui lesson learned dari pelaksanaan perhutanan sosial di Provinsi Sumatera Barat yaitu dengan pembentukan Pusat Layanan Informasi Perhutanan Sosial dan forum koordinasi (perguruan tinggi, pemerintah, LSM, komunitas dan dunia usaha).

Penyusunan roadmap pengembangan perhutanan sosial dengan target terukur berisi panduan, arahan pengembangan, rencana indikatif spasial, target, strategi dan program pendukung. Menurut NGO diperlukan kerjasama antarstakeholder dengan menyusun nota kesepahaman, komitmen kerjasama, MoU, dan dukungan pendanaan multi stakeholders.

Perihal keterbukaan informasi kehutanan, dirasa belum efektif sehingga diperlukan upaya lebih lanjut. Upaya tersebut antara lain i) memberi kesempatan kepada publik untuk berpartisipasi dalam pengelolaan (perencanaan, pemanfaatan dan pengawasan) sumber daya hutan; ii) mendorong semua pihak dapat aktif terlibat memerangi illegal logging, membantu penyelesaian konflik tenurial, maupun mencegah kerugian negara akibat korupsi di sektor kehutanan; serta iii) memberi ruang bagi masyarakat lokal atau adat untuk menentukan pilihannya atas pembangunan kehutanan yang mempengaruhi kehidupan mereka. (IK, EY)

Check Also

allianz (1)

peluncuran program Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu

Jakarta, 17 Oktober 2019. Asisten Deputi Gubernur Bidang Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Bapak Yuli Hartono …