Home / Kliping / Rute Kereta Ekspres Bandara Soetta-Halim Ubah Haluan
ilustrasi-tiket-kereta-api

Rute Kereta Ekspres Bandara Soetta-Halim Ubah Haluan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengubah trase atau rute proyek pembangunan kereta api ekspres bandara Soekarno Hatta (Soetta)-Halim PerdanakusumaH menjadi Soetta-Kota.

Alasan pembatalan rute sebelumnya karena besaran dukungan pendanaan atau viagibility gap fund /VGF) dari pemerintah terlalu besar dari total nilai proyek sekitar Rp 24 triliun.

Direktur PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Darwin Trisna Djajawinata mengungkapkan, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan telah melayangkan surat kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro pada 28 Oktober 2015 tentang perubahan rute kereta bandara ekspres dari Soetta-Halim. Dalam proyek ini, Kemenhub bertindak selaku PJPK (Penanggungjawab Proyek Kerjasama).

“Tidak jadi ke Halim, itu perkembangan yang kita terima. Kemenhub selaku PJPK melakukan penyesuaian atas jalurnya yang sebelumnya Soetta-Manggarai-Halim menjadi ke Soetta-Kota lewat jalur Pluit. Itu berdasarkan surat yang diterima Kemenkeu,” ujar dia di Nusa Dua, Bali, Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Lebih jauh dijelaskan Darwin, alasan perubahan trase karena nilai VGF yang diajukan oleh SMI cukup besar dari total kebutuhan investasi Rp 24 triliun. Dalam ketentuan, porsi share pemerintah pusat atau VGF sebesar 49 persen.

sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2387396/rute-kereta-ekspres-bandara-soetta-halim-ubah-haluan

Check Also

Pekerja akan memindahkan sejumlah tiang yang menghalangi jalur sepeda di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (01/08/2018). Jalur sepeda di sepanjang jalan ini terhalang beberapa tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), tiang lampu lalu lintas, hingga tiang rambu penunjuk jalan.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Perluasan Jalur Sepeda, Efektifkah untuk Mengurangi Polusi Udara?

KOMPAS.com – Bersepeda sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat DKI Jakarta. Ada yang menggunakannya …