Home / Kliping / LRT Jakarta Akan Dimulai 22 Juni

LRT Jakarta Akan Dimulai 22 Juni

JAKARTA, KOMPAS — Pembangunan kereta ringan (light rapid transit/LRT) tahap I yang menghubungkan Kelapa Gading danRawamangun akan dimulai pada 22 Juni. LRT ditargetkan beroperasi menjelang Asian Games 2018. Pemerintah mulai menyosialisasikan pembangunan ini kepada warga.

Kawasan Kelapa Gading dan Rawamangun, menurut rencana, menjadi lokasi kegiatan Asian Games 2018. Karena itu, LRT tahap I ini ditargetkan membantu kelancaran transportasi selama perhelatan tersebut.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Satya Heragandhi, seusai pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/6), menjelaskan, pembangunan LRT akan didukung investor Korea Selatan, KRNA atau Korea Railway Network Authority.

Nota kesepahaman (MOU) pembangunan LRT antara KRNA dan Pemerintah Indonesia dilakukan saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan, akhir Mei lalu.

KRNA, imbuh Satya, diyakini sebagai investor yang memiliki rekam jejak yang bisa menjamin kualitas pembangunan LRT. KRNA pernah membangun LRT dalam waktu cepat, sebelum Korsel menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Untuk LRT di Jakarta, ujar Satya, Jakpro dan mitra hanya memiliki waktu dua tahun untuk membangun. Sebab, sesuai penugasan, LRT tahap I sepanjang kurang dari 6 km ditargetkan selesai menjelang Asian Games 2018. Padahal, untuk membangun LRT, idealnya perlu waktu minimal 5 tahun.

Minimnya waktu yang tersedia, ujar Satya, membuat sejumlah investor dari beberapa negara mundur. Hanya KRNA yang mau dan berkomitmen membangun dalam dua tahun.

“Komitmen dan pengalaman ini yang membuat kami bersedia bekerja sama dengan Korea Selatan,” ujar Satya sambil menyebut peletakan batu pertama LRT akan dilakukan pada 22 Juni.

Untuk pembangunan jalur LRT dari depo di Kelapa Gading menuju velodrom di Rawamangun, ujar Satya, tim KRNA sudah beberapa kali meninjau lokasi. Mereka sudah menjajaki aspek teknis dan memetakan hambatan pembangunan.

Satya juga menyebutkan, tidak ada kendala lahan dalam pembangunan LRT tahap I ini. Sebab, jalur yang digunakan adalah jalur layang di atas jalur hijau. Adapun Amdal tengah disiapkan.

Secara terpisah, Asisten Pembangunan Kota Jakarta Utara Suroto menyampaikan, ada tiga kelurahan yang akan dilalui proyek LRT ini, yaitu Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading Barat, dan Pegangsaan Dua. Dari tiga kelurahan, sedikitnya ada 12 RW yang pasti akan merasakan dampak langsung.

“Pekan lalu, kami melakukan sosialisasi dan penjajakan awal kepada masyarakat. Sejumlah elemen warga dihadirkan agar mereka mengetahui ada proyek transportasi massal yang akan dilaksanakan di wilayah mereka,” kata Suroto.

Penyertaan modal

Gubernur Basuki menyatakan, pihaknya berencana mengalihkan penyertaan modal pemerintah (PMP) DKI Jakarta Rp 4,4 triliun untuk membangun infrastruktur kereta ringan.

Sebelumnya, anggaran sebesar itu diberikan ke Jakpro untuk pembangunan kampung atlet Asian Games 2018.

“Dalam perjalanannya, pembangunan kampung atlet diambil alih pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dana yang telanjur diberikan ke Jakpro lebih baik dialihkan untuk membangun kereta ringan sebagaimana penugasan pemerintah pusat,” ujarnya.

Demi tujuan pengalihan penggunaan PMP Jakpro itu, Pemprov DKI Jakarta akan meminta izin ke DPRD DKI Jakarta. Sebab, sesuai rancangan APBD 2016 yang ada, dana PMP yang diberikan ke PT Jakpro masih ditujukan untuk membangun wisma atlet.

“Etikanya minta izin dulu. Sebab, anggaran ini kan uang rakyat, kami ingin mengalihkan penggunaannya,” ujarnya.

(HLN/MKN/JAL)

Check Also

Petugas UPK Badan Air, sedang membersihkan sampah di kali Ciliwung, Krukut Atas, Tanah Abang Jakarta Pusat. 


Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Sandiaga Klaim Revitalisasi Sungai Ciliwung Bisa Serap 1.200 Lapangan Kerja Berorientasi Lingkungan, http://jakarta.tribunnews.com/2018/07/11/sandiaga-klaim-revitalisasi-sungai-ciliwung-bisa-serap-1200-lapangan-kerja-berorientasi-lingkungan.

Editor: Wahyu Aji

Sandiaga Klaim Revitalisasi Sungai Ciliwung Bisa Serap 1.200 Lapangan Kerja Berorientasi Lingkungan

TRIBUNJAKARTA.COM, SINGAPURA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri World Cities Summit di Singapura. Dalam …