Home / Kliping / RPTRA dan RTH Kalijodo Jadi Percontohan Pembangunan
RPTRA dan RTH Kalidojo

RPTRA dan RTH Kalijodo Jadi Percontohan Pembangunan

RPTRA dan RTH Kalidojo

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menjadikan ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Kalijodo sebagai percontohan pembangunan.

“(Pemprov) DKI akan terus beli tanah supaya jadi ruang publik seperti ini (Kalijodo) semua,” kata Ahok di Kalijodo, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Ahok menuturkan, sejak Jakarta dipimpin Joko Widodo dan dia, gubernur sudah tak lagi bisa memilih status bangunan di jalur hijau apakah diubah atau tidak.

“Kalau sudah hijau ya hijau, kalau tanah kamu hijau, kami beli,” kata dia.

Ahok mengatakan pembangunan di jalur hijau itu bukan hanya berfungsi sebagai taman, juga tempat berinteraksi warga. Di lokasi itu pula harus terbangun tempat yang nyaman untuk berinteraksi.

Selain itu, Ahok mengatakan RTH dan RPTRA Kalijodo berstandar internasional. Salah satunya adalah fasilitas tempat bermain di RPTRA Kalijodo.

“Kalau ada anak luka dikasih asuransi dan mainan ini dijamin lima tahun. Jadi kami tak mau beli mainan bukan standar internasional,” kata Ahok.

Terkait pengelolaan, Ahok mengatakan Pemprov DKI Jakarta melakukan perekrutan kepada warga sekitar untuk menjadi pengelola. Setelah itu mereka akan diberikan pelatihan untuk mengelola RPTRA.

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …