Home / Kegiatan / Seminar Penilaian Awal Ketahanan Kota (Preliminary Resilience Assessment)

Seminar Penilaian Awal Ketahanan Kota (Preliminary Resilience Assessment)

IMG_6503

Jakarta, 11 Oktober 2017.

Kedeputian Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menyelenggarakan Seminar Penilaian Awal Ketahanan Kota (Preliminary Resilience Assessment).

Seminar ini merupakan puncak acara dari  tahap I Penyusunan Strategi Ketahanan Jakarta yang akan mengetahui kondisi Jakarta yang sebenarnya dan seberapa berketahanan Jakarta pada saat ini. Seminar ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari proses tahap I Penyusunan Strategi Ketahanan Jakarta kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di Jakarta (baik yang sudah pernah terlibat maupun akan dilibatkan pada proses selanjutnya).

IMG_6371

Seminar dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta yang diwakilkan oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan menjelaskan bahwa DKI Jakarta sedang dalam proses menuju Kota Berketahanan, yaitu: Kota yang mampu untuk bertahan dan tumbuh dengan segala kendala yang dimilikinya.

IMG_6545

Seminar ini juga mengundang Ibu Tuty Kusumawati, Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, sebagai salah satu pembicara pada sesi talkshow bersama Sam Kernaghan (100RC Asia Pasifik), Dede Herland (Sekretariat Jakarta Berketahanan), dan Sibarani Sofian (Strategy Partner).

Pada seminar ini juga diketahui bahwa ada 5 (lima) fokus utama dari perwujudan Jakarta sebagai Kota Berketahanan, yaitu:

  1. Bagaimana Jakarta bisa meningkatkan kapasitas tata kelola pemerintahan dan Manajemen Kota?
  2. Bagaimana Jakarta bisa membangun budayasiap siaga dalam menghadapi berbagai masalah?
  3. Bagaimana kesehatan dan kesejahteraan di Jakarta bisa ditingkatkan melalui pengelolaan air dan limbah yang lebih baik?
  4. Bagaimana meningkatkan mobilitas dan konektivitas warga Jakarta?
  5. Bagaimana Jakarta mampu mengurangi dampak dari keresahan sosial?

About hildaje

Check Also

20171018_141343

Rapat Menindaklanjuti Disposisi Gubernur DKI Jakarta terkait Program 100 Resilient Cities (100RC) Jakarta

Jakarta, 18 Oktober 2017, Kedeputian Tata Ruang dan Lingkungan Hidup mengadakan rapat untuk berkoordinasi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *