Home / Kegiatan / Workshop Skema Pemanfaatan Lahan dan Ketersediaan Layanan Pengolahan Sampah ITF Sunter

Workshop Skema Pemanfaatan Lahan dan Ketersediaan Layanan Pengolahan Sampah ITF Sunter

20171026_091229 (1)

Jakarta 26 Oktober 2017.

Kedeputian Gubernur Bidang Tataruang dan Lingkungan Hidup bersama dengan Jakarta Propertindo mengadakan Workshop Skema Pemanfaatan Lahan dan Ketersediaan Layanan Pengolahan Sampah ITF Sunter 1 (satu) hari di Syofian Hotel Betawi, Jakarta.

Workshop yang dimaksud bertujuan untuk memperoleh masukan dalam menyusun Pergub pengganti Pergub No.  50  Tahun 2016 tentang Pembangunan dan Pengoperasian Fasilitas Pengelola Sampah di dalam Kota/Intermediate Treatment Facility.

Workshop dimaksud mengundang sebagai Narasumber : Perwakilan dari Ditjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Up. Direktur BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah, Direktur Pendapatan Daerah, Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan, Pengadaan Khusus Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Direktorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun Kementerian PPN/Bappenas, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi DKI Jakarta dan Unsur SKPD sebagai undangan yaitu : Inspektorat Provinsi DKI Jakarta, Bappeda Provinsi DKI Jakarta, BPBUMD Provinsi DKI Jakarta, BPAD Provinsi DKI Jakarta, BPKD Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, DMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta, Biro Hukum Setda Provinsi DKI Jakarta, Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta, Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo, Fortum Power Heat & Oy dan Asisten Deputi Infrastruktur Pertambangan dan Energi, Kemenko Bidang Kemaritiman.

20171026_103038

Produksi sampah di Jakarta sangat tinggi, diperkirakan mencapai 7.000 Ton per hari. Dengan hanya mengandalkan TPST Bantargebang sebagai satu-satunya tempat pengolahan sampah akan menyebabkan permasalahan lingkungan yang sangat kompleks karena kapasitasnya yang sudah melampui batas. Pembuangan sampah dari kota Jakarta ke lokasi TPST Bantargebang yang relatif jauh jaraknya juga menimbulkan permasalahan transportasi yang tidak kalah kompleksnya.

Untuk mengatasi permasalahan pengelolaan sampah tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah merencanakan pembangunan Fasilitas Pengelolaan Sampah di Dalam Kota/ Intermediate Treatment Facility (ITF), yang telah didukung dengan instrumen peraturan yaitu Peraturan Gubernur Nomor 50 Tahun 2016 tentang Pembangunan dan Pengoperasian Fasilitas Pengelolaan Sampah di dalam Kota/ Intermediate Treatment Facility (ITF) dan Keputusan Gubernur No. 2438 Tahun 2016 tentang Penunjukan Stasiun Peralihan antara Sunter sebagai Lokasi Pembangunan dan Pengoperasian Fasilitas Pengelola Sampah di Dalam Kota/Intermediate Treatment Facility.

Pembangunan dan pengoperasian Intermediate Treatment Facility (ITF) berbasis teknologi termal tersebut bertujuan untuk mereduksi 80% hingga 90% sampah DKI Jakarta melalui perubahan bentuk, komposisi dan volume sampah. Selain itu, pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) juga bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada TPST Bantargebang yang secara administrasi berada di luar wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam  pelaksanaan  pembangunan dan pengoperasian ITF Sunter,  PT Jakarta Propertindo selaku BUMD yang memperoleh penugasan melalui Pergub No. 50 Tahun 2016 masih dihadapkan pada permasalahan terkait  ketidakpastian skema pemanfaatan lahan aset Pemprov DKI Jakarta yang akan digunakan untuk lokasi pembangunan ITF dan besaran tipping Fee/biaya ketersediaan layanan pengolahan sampah.

 

About hildaje

Check Also

arya (2)

Workshop on Joint Crediting Mechanism (JCM) in Indonesia

Pemerintah Indonesia telah menyatakan komitmennya dalam penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui hasil ratifikasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *