Home / Kegiatan / Kick Off Meeting Revisi Peraturan Gubernur DKI JAKARTA No. 38/2012 tentang Bangunan Gedung Hijau

Kick Off Meeting Revisi Peraturan Gubernur DKI JAKARTA No. 38/2012 tentang Bangunan Gedung Hijau

Jakarta, 29 November 2015. Dinas PMPTSP menyelenggarakan Kick off meeting revisi Pergub No. 38/2012 bertempat di R.Rapat Deputi Gubernur Lantai 5, Blok G, Balaikota. Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup membuka acara rapat dengan didampingi oleh Asisten Deputi Bidang Tata Ruang. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Ketataruangan, Kajian Lingkungan dan Pembangunan DPMPTSP dengan menghadikan semua stakeholrders yang turut terlibat pada pertemuan berkala forum bangunan gedung hijau yang rutin setiap bulannya diselenggarakan oleh Kedeputian TRLH.

Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 38/2012 tentang Bangunan Gedung Hijau (Pergub 38/2012) yang telah diimplementasikan telah mencapai hasil yang signifikan. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan-tantangan yang perlu ditindaklanjuti untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar untuk mewujudkan Kota Jakarta menjadi lebih ramah lingkungan dan manusiawi. Untuk itulah, setelah kurang lebih lima tahun diimplementasikan, Pergub 38/2012 ini akan mengalami Revisi untuk dapat mencapai manfaat yang besar.

Proses Revisi Pergub 38/2012 akan dilaksanakan dengan kolaborasi dari pemangku kepentingan terkait. Unsur pemerintah yang terdiri dari SKPD di lingkungan Provinsi DKI Jakarta, perwakilan Pemerintah Pusat, unsur akademisi/perguruan tinggi, unsur asosiasi profesi dan professional unsur swasta sebagai bagian dari pelaku pembangunan, diundang untuk memberikan kontribusi dalam Revisi Pergub 38/2012 ini.

Keseluruhan rangkaian proses Revisi Pergub 38/2012 akan dipimpin oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan didukung seluruh pemangku kepentingan terkait. Proses ini didukung oleh IFC-Kelompok Bank Dunia yang telah mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam implementasi kebijakan bangunan gedung hijau di Jakarta sejak tahun 2011 lalu.

Para pemangku kepentingan  akan diundang dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Hotel Morrissey Jl. Wahid Hasyim pada hari Senin dan Selasa, 4 dan 5 Desember 2017 untuk mengidentifikasi isu-isu dalam pelaksanaan Pergub 38/2012 sampai saat ini.

20171129_095825

About hildaje

Check Also

microgrid 5

Joint Workshop On Microgrid. Indonesia-Korea 2017

Jakarta, 7 Desember 2017. Kedeputian bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan diwakilkan oleh Asisten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *