Home / Kegiatan / Joint Workshop On Microgrid. Indonesia-Korea 2017
microgrid 5

Joint Workshop On Microgrid. Indonesia-Korea 2017

microgrid 1

microgrid 4

Jakarta, 7 Desember 2017. Kedeputian bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan diwakilkan oleh Asisten Deputi bidang Tata Ruang menghadiri undangan dari Institute Teknologi Bandung (ITB) -Laboratorium Konservasi Energi Elektrik dalam acara “Workshop on Microgrid” acara berlokasi di Ruang rapat PT. PLN.

Acara dibuka oleh Prof Pekik Argo Dahono selaku ketua pelaksana dari ITB-Laboratorium Konservasi Energi Elektrik. Workshop ini membicarakan mengenai Proyek hibah microgrid system yang berasal dari Pemerintah Korea Selatan berupa alat microgrid system yang rencananya akan dipergunakan untuk mengoptimalisasi penyediaan listrik untuk kebutuhan di Rumah Sakit Daerah dan Sekolah yang berlokasi di Pulau Pramuka. Proyek hibah ini akan diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan selama kurun waktu 3 (tiga) tahun.

Joint Workshop on Microgrid kali ini melibatkan ITB-Laboratorium Konservasi Energi Elektrik yang berencana ingin ikut berpartisipasi untuk  memonitor penerapan microgrid system terhadap keperluan listrik di kepulauan seribu melalui Laboratorium Konservasi Energi Elektrik.

Kedeputian Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup sebelumnya telah berpartisipasi dalam memasilitasi rapat-rapat koordinasi dengan mengundang para SKPD terkait untuk membahas implementasi alat microgrid system tersebut. fasilitasi dari Kedeputian TRLH ini dilaksanakan karena adanya surat permohonan dari BPPT.

Dalam workshop ini, PT.PLN menyampaikan dukungannya terhadap implementasi microgrid system di Kepulauan Pramuka pada khususnya dan Kepulauan Seribu pada umumnya.

Workshop turut membahas mengenai: (i) penggunaan lahan di kepulauan seribu/pulau Pramuka, (ii) regulasi terkait penerimaan hibah, dan (iii) isu perawatan dan pengoperasian dari alat microgrid

 

Check Also

Pertemuan dengan UNICEF dan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Membahas Kelanjutan Acara Kick-off Desain Besar Polusi Udara

. Jakarta, 14 Agustus 2018. Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup …