Home / Jakarta Berketahanan / Mengikuti Kegiatan “100RC Network Exchange: Building Resilience at the Metropolitan Scale”, tanggal 3-8 Desember 2017 di Santiago de Chile Amerika Selatan

Mengikuti Kegiatan “100RC Network Exchange: Building Resilience at the Metropolitan Scale”, tanggal 3-8 Desember 2017 di Santiago de Chile Amerika Selatan

chile 4

100 Resilient Cities Metropolitan Network Exchange di Santiago Chile 4-7 Desember 2017 Claudio Orrego, Gubernur Metropolitan Santiago Chile,  bertemu dengan peserta  Metropolitan Network Exchange yang berasal dari 9 metropolitan anggota 100 Resilient Cities Program. Kota yang hadir adalah Jakarta, Miami, Santiago Republik Dominika, Paris, Sydney, Manchester, Buenos Aires, Barcelona, dan Tuan Rumah Santiago Chile.

chile 1
Jakarta diwakili oleh Deputi Gubernur Tata Ruang dan Lingkungan Hidup selaku Chief Resilient Officer (CRO) dan Deputi CRO berkesempatan menyerahkan cindera mata kepada Gubernur Metropolitan Santiago.
Dalam diskusi mengemuka isu bersama metropolitan seperti kepemerintahan terpecah (fragmented governance), koordinasi yang terkendala dengan pemerintah pusat dan tetangga, kewenangan gubernur yang terbatas, ketidakefisienan penyediaan fasilitas dan utilitas.
Pada kesempatan penutupan acara yang menghadirkan Gubernur Santiago sebagai pembicara, mengemuka kesimpulan faktor penting dalam kepemerintahan metropolitan yaitu (i) visi yang jelas; (ii) kepemimpinan yg tegas; (iii) ketersediaan rencana terpadu; (iv) pengelolaan kegiatan dan keuangan yang efektif dan efisien; (v) kelembagaan yg kuat; (vi) partisipasi masyarakat yang melembaga.

chile 3 chile 2
Hal menarik dari pertemuan kali ini adalah keramahtamahan sang Gubernur yg hadir di setiap sesi bahkan pada saat makan malam informal. Kehangatan yg bukan pencitraan.

Selain itu, Deputi Gubernur Tata Ruang dan Lingkungan Hidup turut diwawancarai mengenai pentingnya kegiatan peer-learning dalam penyusunan Strategi Ketahanan Kota.

Berikut Link dari video kegiatan 100RC Metropolitan Network  Exchange yang berisi wawancara tersebut: https://www.youtube.com/watch?v=IZ1KPLsVMgw

About hildaje

Check Also

arya (2)

Workshop on Joint Crediting Mechanism (JCM) in Indonesia

Pemerintah Indonesia telah menyatakan komitmennya dalam penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui hasil ratifikasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *