Home / Kliping / Meikarta Unggulkan Tata Ruang dan Transportasi Inovatif Kelas Dunia

Meikarta Unggulkan Tata Ruang dan Transportasi Inovatif Kelas Dunia

meikarta unggulkan tata ruang

CIKARANG – Siapa yang tak mau mobilitas keseharian ke tempat tujuan bisa dicapai dengan mudah, cepat dan aman. Layaknya kota-kota besar di Asia, seperti Singapura, Hong Kong dan Jepang, yang keseharian penduduknya menggunakan transportasi umum.

Pembangunan Meikarta memiliki konsep yang sama dengan kota-kota besar di dunia. Kota baru yang dikembangkan oleh Lippo Group ini akan dirancang paling inovatif kelas dunia dengan konsep Traffic Efficient Grid System dan Smart City.

Konsep tersebut adalah ciri khas Kota Manhattan di New York, Amerika Serikat, yang membangun kota de– ngan kemudahan akses transportasi umum dan kemudahan yang hanya selangkah dari hunian. “Ini terobosan dan inovasi bagi industri property yang diharapkan bisa berkontribusi signifikan terhadap perekonomian,” ujar James Riady, CEO Lippo Group, seperti dilansir dari BeritaSatu.com.

Lippo Group akan menyiapkan transportasi internal yaitu APM (Automated People Mover) yang dapat menghubungkan semua bagian titik di Meikarta. Sehingga, penghuni bisa dengan mudah mencapai berbagai pusat kegiatan.

Penggunaan transportasi umum seperti MRT dan LRT sudah menjadi rutinitas masyarakat di kota-kota besar dunia. Setiap 5 menit kereta tersebut singgah untuk mengangkut penumpang di masing-masing stasiun. Jalur transportasi darat mudah diakses secara cepat dan nyaman.

Seperti di Singapura, kawasan hunian menghubungkan dengan pusat transportasi umum. Begitu juga dengan Meikarta, yang akan memiliki empat lapis jaringan transportasi, yakni memisahkan pedestrian dan kendaraan bermotor, transportasi internal di ground floor seperti monorail yang menghubungkan city-points dan area, serta pedestrian flyover di lantai dua menghubungkan ke semua gedung.

Meikarta memang tidak hanya memenuhi kebutuhan perkotaan, namun juga menyiapkan untuk kebutuhan hidup manusia di masa mendatang. Dengan menawarkan kualitas hidup yang lebih baik, Meikarta akan menciptakan komunitas yang ramah dengan lingkungan dan bisnis. Dengan sinergi tersebut, maka akan tumbuh kebersamaan yang lebih baik.

Meikarta berupaya merancang lebih inovatif dari penyediaan sarana transportasi umum dengan visi masa depan. Setiap rencana infrastruktur yang akan dibangun ditujukan untuk kehidupan dan pekerjaan yang lebih nyaman dan efisien.

Kota baru di Cikarang itu lokasinya juga sangat strategis dengan adanya sejumlah pembangunan infrastruktur di sekitarnya, seperti kereta cepat Jakarta-Bandung, Pembangunan Pelabuhan Patimban, Bandara International Kertajati, monorail dan Jalan Tol Cikampek.

Meikarta menjadi jawaban keinginan publik yang membutuhkan Smart City. Meikarta akan dibangun untuk meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menghubungkan kepentingan penghuni, kebutuhan sosial, infrastruktur yang terintegrasi menjadi satu kesatuan kota baru.

Smart City memang menjadi keunggulan kota baru yang dikembangkan oleh Lippo Group. Sebab, kota baru ini memang direncanakan sebagai kota berskala internasional dengan kelengkapan fasilitas mulai fasilitas pendidikan, pusat kesehatan, pusat perbelanjaan, dan gedung perkantoran bertingkat 35 hingga 46 lantai.

Pembangunan Meikarta memiliki konsep yang berbeda dengan pembangunan proyek properti lainnya. Meikarta yang terletak dekat dengan Kawasan Industri Cikarang itu dirancang dengan konsep hijau yang terus mencari inovasi yang cerdas, sehingga membuat Meikarta selalu terdepan. (*)

About hildaje

Check Also

sampah di pulau tidung

Sampah di Pulau Tidung Diangkut

Sampah di Pulau Tidung telah berhasil diangkut petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu. Pengangkutan …