Home / Kliping / Melihat Sungai yang Disebut Ideal di Jakarta…

Melihat Sungai yang Disebut Ideal di Jakarta…

Banjir Kanal Timur (BKT) Jalan Inspeksi di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (8/2/2018)(KOMPAS.com/ Stanly Ravel)
Banjir Kanal Timur (BKT) Jalan Inspeksi di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (8/2/2018)(KOMPAS.com/ Stanly Ravel)

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti apa sungai ideal untuk Jakarta? Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menyebut bahwa kali yang ideal untuk Jakarta seperti Banjir Kanal Timur atau yang biasa disebutBKT.

“Sebetulnya kita sudah sangat telat. Jadi dulu ada Ciliwung, Belanda bikin BKB (Banjir Kanal Barat), dan harusnya kali itu idealnya seperti BKT. Itu paling ideal,” kata Saefullah, Rabu (7/2/2018).

BKT dinilai memiliki proposisi sungai yang ideal, mulai dari lebar dengan aliran tengah, bantaran yang steril, turap beton, dan ada jalan inspeksinya.

Baca juga : Sekda DKI Sebut BKT Contoh Sungai Ideal

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, Kamis (8/2/2018), penataan di BKT cukup rapi, khususnya sepanjang Jalan Kolonel Sugiono yang melewati beberapa wilayah, seperti Klender, Duren Sawit, dan Pondok Kopi.

Aliran sungai yang lebar mengalir lancar, meski masih terlihat sampah yang mengapung. Tepian sungai tampak diturap dengan beton yang kokoh.

Terlihat rumput dan ilalang yang tumbuh liar di sekitar turap. Menariknya, di sejumlah titik, warga memanfaatkan lahan sekitar turap untuk bercocok tanam.

“Ditanam tumbuhan sama kol kalau nggak salah sama orang kampung,” kata Aji, salah satu petugas PPSU Kelurahan Cipinang Muara yang sedang berisitirahat sambil menyantap bekal makanan di bawah pohon yang rindang, Kamis.

Banjir Kanal Timur (BKT) di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (8/2/2018)
Banjir Kanal Timur (BKT) di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (8/2/2018)(KOMPAS.com/ Stanly Ravel)

Sisi sebelah kiri BKT, tepatnya bekas gusuran permukiman warga yang saat ini direlokasi ke Rusunawa Cipinang Besar, dijadikan jalan bagi warga sekitar.

Saat sore hari, terutama ketika akhir pekan, lokasi ini kerap dipenuhi pedagang seperti pasar malam.

Sementara itu, di sisi sebelah kanan yang berdekatan dengan Jalan Raya Kolonel Sugiono, ruas jalan yang memiliki lebar sekitar lima meter dijadikan jalan inspeksi.

Jalan ini sengaja ditutup oleh Pemkot Jakarta Timur untuk kendaraan bermotor. Umumnya, jalan ini digunakan warga untuk sarana berolah raga, bersepeda, bahkan bersantai bersama teman dan keluarga.

Banjir Kanal Timur (BKT) Jalan Inspeksi di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (8/2/2018)
Banjir Kanal Timur (BKT) Jalan Inspeksi di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (8/2/2018)(KOMPAS.com/ Stanly Ravel)

Sepanjang ruas jalan yang cukup rindang ini juga disediakan fasilitas tempat duduk dan kerap digunakan beberapa pengendara untuk berisitirahat.

“Sering antar barang ke Duren Sawit, kalau siang pasti mampir untuk makan. Kadang cuma ngopi sambil istirahat saja,” ucap Ujang yang sedang melepas lelah di BKT.

About hildaje

Check Also

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

DKI Perbaiki Lapangan Bisbol, Anggarannya Rp 15,1 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta mendapat tambahan tugas menyiapkan lapangan bisbol untuk Asian Games 2018. Kepala Dinas Pemuda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *