Home / Kegiatan / Menghadiri Acara Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Kebon Jeruk

Menghadiri Acara Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Kebon Jeruk

WhatsApp Image 2018-02-12 at 3.06.35 PM

Jakarta, 12 Februari 2018

Pada Hari Senin, 12 Februari 2018 Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup diundang untuk menghadiri  Acara Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan yang dilaksanakan di Ruang Aula Kantor Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk.

Acara ini merupakan langkah awal persiapan untuk Lomba Lingkungan Bersih Sehat. Pada acara deklarasi tersebut, terdapat 5 ikrar yang menjadi komitmen dari masyarakat Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk. Adapun ikrar tersebut adalah sebagai berikut:

  1. 100% sudah memiliki sarana jamban keluarga
  2. Bersedia melaksanakan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan derajat kesehatan
  3. Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan kebersihan meruapakan tanggung jawab kami untuk itu kami senantiasa melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan kami
  4. Kami akan bersungguh-sungguh melaksanakan janji ini
  5. Semoga janji kami diberkati Tuhan Yang Maha Esa

Selain dilakukan pembacaan ikrar, juga dilakukan deklarasi terkait dengan komitmen masyarakat dalam 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Lingkungan, yang terdiri dari:

  1. Stop buang air besar sembarangan
  2. Cuci tangan mengguanakan sabun
  3. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga
  4. Pengelolaan limbah cair rumah tangga
  5. Pengelolaan sampah rumah tangga

WhatsApp Image 2018-02-12 at 3.06.34 PM

Kegiatan ini juga didukung oleh pihak-pihak yang berkepentingan seperti Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Walikota Jakarta Barat, Camat Kebon Jeruk, Lurah dan Tokoh Masyarakat setempat, RT-RW serta Tim Penggerak PKK. Dengan dilakukan deklarasi tersebut, maka menekankan bahwa masyarakat Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk telah berkomitmen untuk melaksanakan ‘Gerakan Masyarakat Hidup Sehat’. Hingga saat ini, sekitar 97% populasi di Kelurahan Sukabumi Utara telah ODF.

WhatsApp Image 2018-02-12 at 3.18.13 PM

Dengan semakin banyaknya Kelurahan yang mendeklarasikan dirinya, diharapkan bahwa Kecamatan Kebon Jeruk sebentar lagi mendapat predikat daerah ODF (Open Defecation Free). Deklarasi ini juga ditegaskan merupakan upaya awal untuk membiasakan kehidupan masyarakat yang sehat.

About hildaje

Check Also

arya (2)

Workshop on Joint Crediting Mechanism (JCM) in Indonesia

Pemerintah Indonesia telah menyatakan komitmennya dalam penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui hasil ratifikasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *