Home / Kliping / Pemanfaatan Data Kependudukan Bagi OPD Disosialisasikan
pemanfaatan data kependudukan

Pemanfaatan Data Kependudukan Bagi OPD Disosialisasikan

pemanfaatan data kependudukan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar sosialisasi Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pemanfaatan Data Kependudukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

” Jangan ada ego sektoral”

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, pemanfaatan data kependudukan melalui integrasi sistem ini harus didorong untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat yang cepat, tepat, serta mudah.

“Saya mengapresiasi sosialisasi ini, Pemprov DKI harus jadi tolok ukur sebagai pelaksana pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” kata Sandi, Senin (12/2).

Dijelaskannya, melalui integrasi antara sistem informasi dengan data kependudukan, diharapkan mampu mencegah adanya duplikasi maupun inkonsistensi data. Untuk itu, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus meningkatkan sistem informasi, kesiapan teknis dan non teknis melalui pengelolaan informasi dan teknologi (IT) yang terintegrasi.

“Jangan ada ego sektoral. Kita tidak bisa bekerja sendiri,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statitistik DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran seluruh SKPD mengenai pentingnya validitas kependudukan di seluruh sektor pelayanan publik. Sebab, hal ini sangat penting bagi pengembangan satu data yang terintegrasi, termutakhir, dan valid.

“Kita ingin mewujudkan satu data identitas kependudukan pada seluruh record pelayanan publik. Sehingga, efisiensi dan efektivitas dapat tercapai,” terangnya.

Dian menambahkan, jajaran SKPD sangat antusias dalam pemanfaatan IT untuk mendukung tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik yang baik.

“Ini sejalan dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government,” tandasnya.

Check Also

Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-06-2018 *** Local Caption *** Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-6-2018(KOMPAS/AGUS SUSANTO)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/18/14160901/pemprov-dki-bagikan-karung-agar-warga-tak-buang-sampah-ke-kali. 
Penulis : Nursita Sari
Editor : Andri Donnal Putera

Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga untuk tidak …