Home / Kliping / Sulit Dapat Lahan, Kelurahan Pekojan Belum Punya RPTRA
RPTRA Matahari, Maphar, Tamansari, Jakarta Barat pada Jumat (9/3/2018).(RIMA WAHYUNINGRUM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sulit Dapat Lahan, Kelurahan Pekojan Belum Punya RPTRA", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/13/19353321/sulit-dapat-lahan-kelurahan-pekojan-belum-punya-rptra. 
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Egidius Patnistik
RPTRA Matahari, Maphar, Tamansari, Jakarta Barat pada Jumat (9/3/2018).(RIMA WAHYUNINGRUM) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sulit Dapat Lahan, Kelurahan Pekojan Belum Punya RPTRA", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/13/19353321/sulit-dapat-lahan-kelurahan-pekojan-belum-punya-rptra. Penulis : Rima Wahyuningrum Editor : Egidius Patnistik

Sulit Dapat Lahan, Kelurahan Pekojan Belum Punya RPTRA

RPTRA Matahari, Maphar, Tamansari, Jakarta Barat pada Jumat (9/3/2018).(RIMA WAHYUNINGRUM) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sulit Dapat Lahan, Kelurahan Pekojan Belum Punya RPTRA", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/13/19353321/sulit-dapat-lahan-kelurahan-pekojan-belum-punya-rptra.  Penulis : Rima Wahyuningrum Editor : Egidius Patnistik
RPTRA Matahari, Maphar, Tamansari, Jakarta Barat pada Jumat (9/3/2018).(RIMA WAHYUNINGRUM)

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelurahan Pekojan di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, masuk daftar yang belum memiliki Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Lurah Pekajon Tri Prasetyo menyebutkan, keterbatasan lahan menjadi penyebab belum adanya RPRTRA di kawasan itu. “Kalau dari lokasi tanah di Pekojan enggak punya besaran luas. Kan minimal 500 meter persegi. Kami belum dapat yang ukuran segitu,” kata Tri kepada Kompas.com, Selasa (13/3/2018). Di Kecamatan Tambora sudah ada dua RPTRA yang telah dibangun yaitu Kelurahan Krendang (RPTRA Krendang) dan Angke (RPTRA Kalijodo). Sementara sembilan kelurahan lainnya belum memiliki RPTRA, yaitu Tanah Sareal, Tambora, Roa Malaka, Pekojan, Jembatan Lima, Duri Utara, Duri Selatan, Kali Anyar dan Jembatan Besi. “Tapi kami cari terus nih tahun ini, walaupun 2019 kabarnya diberhentikan. Kami juga pengen punya RPTRA kayak teman-teman lain,” tambah Tri. Pihaknya sejauh ini telah berupaya mencari lahan tetapi ukuran lahan menjadi kendala. “Ada yang menjual lahan tapi enggak cocok dan luasnya enggak mencukupi. Ada juga di pinggiran kali yang aset negara, tapi besaran dan speknya belum sesuai. Kami ajukan terus,” kata Tri. Ia menambahkan, pihaknya telah menerima permintaan masyarakat untuk segera dibangun RPTRA. Sejauh ini di Pekojan hanya ada Taman Layak Anak. “Jangankan masyarakatnya, kelurahan aja mau punya RPTRA buat masyarakatnya. Tambora kan masuk kelas padat penduduk, jadi besaran penduduk tidak sesuai dengan luasnya wilayah,” kata dia. Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta berencana tidak melanjutkan program pembangunan RPTRA pada 2019.  Namun, data dari dinas menyebutkan masih ada kelurahan yang belum memilki RPTRA. Saat ini baru 267 dari 290 kelurahan yang sudah memiliki RPTRA.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sulit Dapat Lahan, Kelurahan Pekojan Belum Punya RPTRA”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/13/19353321/sulit-dapat-lahan-kelurahan-pekojan-belum-punya-rptra.
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

pemda didorong tata lanskap

Pemda Didorong Tata Lanskap Kota

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pemerintah daerah untuk menata …