Home / Kliping / DKI Berencana Olah Sampah dengan Teknologi Termal di Setiap Kecamatan

DKI Berencana Olah Sampah dengan Teknologi Termal di Setiap Kecamatan

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).(KOMPAS.com/NURSITA SARI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DKI Berencana Olah Sampah dengan Teknologi Termal di Setiap Kecamatan", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/21/19373271/dki-berencana-olah-sampah-dengan-teknologi-termal-di-setiap-kecamatan.  Penulis : Setyo Adi Nugroho Editor : Kurnia Sari Aziza
Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

BEKASI, KOMPAS.com – Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengapresiasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) yang membangun pengolahan sampah dengan tenaga termal (pembakaran yang diubah menjadi tenaga listrik) di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Menurut Saefullah, pengolahan sampah dengan teknologi termal tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas.  “Saat ini Jakarta berencana membangun 4 lokasi intermediate treatment facility (ITF), itu (pembangunan ITF) saja butuh lahan sekitar 4-5 hektar. Kalau proyek pengolahan sampah termal ini sukses dan tuntas, bisa saja kami pakai,” ujar Saefullah saat acara groundbreaking di TPST Bantargebang, Bekasi, Rabu (21/3/2018). Baca juga: Sekda DKI: Pemkot Bekasi Butuh Truk Sampah Lagi, Tinggal Minta Bukan tidak mungkin, lanjutnya, proyek pengolahan sampah dengan teknologi termal akan diterapkan di setiap kecamatan. Pembangunannya bisa menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Bisa kami pasang di mana-mana, asalkan masyarakat diyakinkan emisinya rendah dan tidak ada pencemaran di mana-mana,” katanya.  Baca juga: BPPT Groundbreaking Pengolahan Sampah Termal di TPST Bantargebang Proyek percontohan pengolahan sampah dengan teknologi termal ini digagas BPPT untuk pengolahan sampah di Jakarta.  Melalui teknologi ini, 50 ton sampah dapat diolah setiap harinya. Kemudian dapat diproduksi listrik sebanyak 400 kilowatt yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di TPST Bantargebang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “DKI Berencana Olah Sampah dengan Teknologi Termal di Setiap Kecamatan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/21/19373271/dki-berencana-olah-sampah-dengan-teknologi-termal-di-setiap-kecamatan.
Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Kurnia Sari Aziza

About hildaje

Check Also

sampah di pulau tidung

Sampah di Pulau Tidung Diangkut

Sampah di Pulau Tidung telah berhasil diangkut petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu. Pengangkutan …