Home / Kliping / Sekda DKI: Pemkot Bekasi Butuh Truk Sampah Lagi, Tinggal Minta
sekda dki pemkot bekasi butuh truk sampah

Sekda DKI: Pemkot Bekasi Butuh Truk Sampah Lagi, Tinggal Minta

sekda dki pemkot bekasi butuh truk sampah

BEKASI, KOMPAS.com – Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menyatakan, Pemerintah Provinsi DKI siap memberikan truk sampah hibah lagi kepada Pemerintah Kota Bekasi. Saefullah mengemukakan hal itu pada acara peletakan batu pertama proyek pengolahan sampah tenaga termal yang juga dapat menjadi pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Tempat Penglelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Rabu (21/3/2018). “Kemarin kami sudah menghibahkan sekitar 50 truk sampah. Kepada Pak Penjabat Walikota Bekasi (Ruddy Gandakusumah), kalau dirasa kurang, mau lagi, kami akan berikan karena setiap tahun DKI membeli truk sampah,” kata Saefullah. Saefullah mengemukakan, setiap hari 7.000 ton sampah dari Jakarta masuk ke Bantargebang yang diangkut dengan 1.200 truk. Baca juga : BPPT Groundbreaking Pengolahan Sampah Termal di TPST Bantargebang Saefullah mengapresiasi kerja sama dengan pemerintah Kota Bekasi selama ini dalam hal pengelolaan sampah. Ruddy Gandakusumah juga mengapresiasi dan memberi dukungan atas pembangunan PLTsa dan mengharapkan hal serupa dapat diterapkan di TPST milik Pemkot Bekasi sendiri. “Kami berharap ke depan Kota Bekasi juga mampu malakukan hal yang sama karna kami juga memiliki TPST sendiri. Semoga pembangunan PLTsa dapat memecahkan permasalahan sampah, tetapi juga lebih bisa dimanfaatkan karena salah satu produknya adalah listrik,” kata Ruddy. Pilot project pengolahan sampah proses termal yang dapat menjadi PLTSa itu digagas BPPT untuk pengolahan sampah di Jakarta. Unit pengolahan itu dapat mengolah 50 ton sampah per harinya. Dari situ akan diproduksi listrik 400 kW yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di TPST Bantar Gebang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sekda DKI: Pemkot Bekasi Butuh Truk Sampah Lagi, Tinggal Minta”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/21/18100921/sekda-dki-pemkot-bekasi-butuh-truk-sampah-lagi-tinggal-minta.
Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-06-2018 *** Local Caption *** Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-6-2018(KOMPAS/AGUS SUSANTO)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/18/14160901/pemprov-dki-bagikan-karung-agar-warga-tak-buang-sampah-ke-kali. 
Penulis : Nursita Sari
Editor : Andri Donnal Putera

Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga untuk tidak …