Home / Kegiatan / Audiensi dengan Mahasiswa dan Dosen Jurusan Arsitektur dari Universitas Indonesia dan Dosen dari Universitas Tokyo
kampung cikini 2

Audiensi dengan Mahasiswa dan Dosen Jurusan Arsitektur dari Universitas Indonesia dan Dosen dari Universitas Tokyo

20180327_134253 20180327_134311

Jakarta, 27 Maret 2018.  Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menerima audiensi dari para Mahasiswa jurusan Arsitektur Universitas Indonesia dan Dosen Arsitektur UI beserta Dosen dari Departemen Studi Lingkungan Sosial-Budaya Universitas Tokyo, Profesor Akiko Okabe. Audiensi diterima langsung oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan didampingi oleh staf teknis. 

Tujuan audiensi adalah untuk berdiskusi, meminta arahan dan masukan dari DepGub TRLH terkait proyek yang sedang dilakukan oleh UI bekerjasama dengan Universitas di Jepang, sekaligus memperkenalkan proyek kerjasama UI-Jepang ini kepada DepGub TRLH, yang dikenal dengan nama Megacity Design Lab.

Megacity Design Lab (MDL) adalah sebuah aksi dengan laboratorium penelitian berbasis masyarakat yang anggotanya terdiri dari para peneliti, arsitek, dan mahasiswa dari Jepang dan Indonesia. MDL dikembangkan dengan tujuan untuk memecahkan berbagai masalah perkotaan dari kota-kota besar dengan cara mengatasi kebutuhan mendesak dari komunitas di area permukiman kumuh. Saat ini area proyek MDL yang dipilih adalah Kampung Cikini.

Selama pelaksanaan proyek, tim UI maupun tim Jepang bahu membahu dengan warga untuk mewujudkan bangunan melalui serangkaian pertemuan dan workshop. Disampaikan bahwa, Tiga mahasiswa dari Universitas di Jepang  turut tinggal selama 10 bulan di kampung Cikini agar dapat membaur dan berkomunikasi langsung sehingga proses community engagement dengan masyarakat di Kampung Cikini dapat berlangsung secara intensif. Proyek MDL di area Kampung Cikini sudah berlangsung dari tahun 2011 dan masih berlanjut hingga sekarang.

Turut disampaikan Pencapaian, kendala dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan proyek MDL ini kepada DepGub TRLH. Salah satunya adalah mengenai keberlangsungan wilayah kampung Cikini berdasarkan rencana dari Pemprov. DKI Jakarta dalam mengatasi wilayah kumuh. 

kampung cikini 2

Check Also

Diskusi dengan KOTAKU

DISKUSI DENGAN PERWAKILAN BANK DUNIA, KOTAKU, DAN HCC TERKAIT PENANGANAN KAWASAN KUMUH DI JAKARTA

Jakata, Rabu 18 Juli 2018, Kedeputian bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup melakukan diskusi dengan …