Home / Kliping / Naturalisasi Sungai ala Anies, Bukan Sekadar Pembetonan…

Naturalisasi Sungai ala Anies, Bukan Sekadar Pembetonan…

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan (kanan) saat melakukan inspeksi ke kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (13/2/2017) pagi. (Alsadad Rudi) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Naturalisasi Sungai ala Anies, Bukan Sekadar Pembetonan...", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/04/05/09360301/naturalisasi-sungai-ala-anies-bukan-sekadar-pembetonan.  Penulis : Jessi Carina Editor : Kurnia Sari Aziza
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan (kanan) saat melakukan inspeksi ke kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (13/2/2017) pagi. (Alsadad Rudi)

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno ingin menggunakan konsep naturalisasi sebagai salah satu program penanganan banjir. Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, konsep ini berbeda dengan penataan kali yang biasa dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Selama ini progres pembangunan lebih mengarah ke betonisasi, baik itu pemasangan sheet pile maupun normalisasi dengan pembangunan turap lainnya. Nah, sekarang ini kami, seperti arahan Pak Gubernur, naturalisasi bagaimana supaya tidak betonisasi saja,” ujar Teguh di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018). Baca juga: Anies: Pemprov DKI Dukung Penuh Normalisasi dan Naturalisasi Sungai Dengan naturalisasi, pinggir kali tidak hanya dibeton. Pinggir kali akan dikombinasikan dengan tanaman-tanaman. Kemudian akan ada grass block yang memungkinkan lumut dan biota lain hidup di dalam. Model pemasangan materialnya seperti model terasering. Baca juga: Menanti Naturalisasi Sungai ala Anies-Sandi Selain itu, kata Teguh, daerah aliran sungai itu juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau di Jakarta. Teguh mengatakan, penataan seperti itu membuat air tidak mengalir cepat begitu saja. Air bisa dialirkan ke waduk untuk dikelola Dinas Sumber Daya Air. “Dengan naturalisasi, otomatis kali yang ada terkoneksi dengan waduk, situ, dan embung yang ada di DKI. Kajian yang kami lakukan tersistem dengan sungai yang tadi,” katanya.  Baca juga: Pemprov DKI: Tahun Ini, Normalisasi dan Naturalisasi Sungai Harus Berjalan Konsep naturalisasi ini sempat diragukan karena banyak yang tidak percaya penghijauan bisa dilakukan di daerah aliran sungai. Namun, Teguh membantah itu dan menyebutkan kawasan mana saja yang berpotensi dinaturalisasi. “Kalau kamu sisir Ciliwung, Krukut, Condet, hutan kota itu masih banyak. Di daerah aliran sungai ada lokasi yang memungkinkan tumbuhnya tanaman-tanaman itu,” ucap Teguh. Baca juga: Kata Pengamat, Baik Normalisasi Maupun Naturalisasi Berisiko Gusur Warga Ia mengatakan, Anies sudah memerintahkannya mencari lokasi yang bisa dinormalisasi. Lokasi tersebut akan dijadikan RTH dengan menggunakan konsep naturalisasi. Teguh berharap naturalisasi bisa terealisasi tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Naturalisasi Sungai ala Anies, Bukan Sekadar Pembetonan…”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/04/05/09360301/naturalisasi-sungai-ala-anies-bukan-sekadar-pembetonan.
Penulis : Jessi Carina
Editor : Kurnia Sari Aziza

About hildaje

Check Also

sampah di pulau tidung

Sampah di Pulau Tidung Diangkut

Sampah di Pulau Tidung telah berhasil diangkut petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu. Pengangkutan …