Home / Kegiatan / Rapat Terkait Lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan DKI Jakarta di Kelurahan Grogol Selatan

Rapat Terkait Lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan DKI Jakarta di Kelurahan Grogol Selatan

IMG_20180416_100405 IMG_20180416_100427

Jakarta, 17 April 2018. Telah dilaksanakan Rapat Terkait Lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan DKI Jakarta di Kelurahan Grogol Selatan. Pertemuan ini dipimpin oleh Asisten Deputi  Bidang Lingkungan Hidup. Hadir dalam pertemuan ini unsur dari Bappeda; Perwakilan Kota Administrasi Jakarta Selatan; Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan; Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk; Dinas Sumber Daya Air; Dinas Kehutanan; Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup; Perwakilan Kecamatan Kebayoran Lama; dan Lurah Grogol Selatan. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menindaklanjuti kegiatan/program dari Desain Besar Pertanian Perkotaan yang telah diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta sekaligus untuk mengumpulkan saran, masukan dan informasi terkait status lahan 1,3 Ha di Kelurahan Grogol Selatan yang rencananya akan dijadikan lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan. Beberapa hal yang mengemuka dalam pertemuan ini antara lain:

  1. Terkait lahan tersebut telah dikirim nota Dinas resmi dari Deputi Gubernur bidang tata Ruang dan Lingkungan Hidup secara keseluruhan yang salah satunya permohonan izin penggunaan lahan 1.3 Ha sebagai lokasi uji coba pertanian perkotaan namun belum ada disposisi dari Gubernur DKI Jakarta.
  2. Lahan seluas 1.3 Ha terbagi menjadi 3 (tiga) bagian dengan 2 (dua) sertifikat dan 1 (satu) Kartu Investasi Barang (KIB) A. Sertifikat tanah dengan Nomor 466 seluas 3.068 m2, sertifikat tanah dengan nomor 467 seluas 4.700 m2 dan KIB A seluas 5.400 m2
  3. Lokasi tersebut belum terpasang plang milik pemerintah DKI namun lurah grogol selatan berinisiatif memasang banner sementara yang berisi keterangan dan status lahan tersebut. Hingga saat ini Badan Pengelola Aset Daerah Prov. DKI Jakarta belum melakukan inventarisasi terhadap lahan tersebut.
  4. Saat ini lahan tersebut sedang dimanfaatkan oleh petani sayur mayur dengan perjanjian dengan pihak kelurahan untuk tidak menuntut ganti rugi bila sewaktu-waktu lahan akan digunakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.
  5. Dalam lokasi tersebut terdapat lokasi pemancingan yang cukup diminati oleh pengunjung dan berpotensi sengketa karena perputaran ekonomi cukup bagus dari kegiatan pemancingan.
  6. Lurah grogol selatan meminta waktu hingga tanggal 19 April 2018 untuk menyiapkan lokasi tersebut bilamana Wakil Gubernur DKI Jakarta berkenan melakukan peninjauan.

 

About hildaje

Check Also

20180416_142341 (1)

Rapat Penetapan Pemangku Kepentingan yang terlibat dalam Program Ambitious City Promises (ACP)

Jakarta, 16 April 2018 Sehubungan dengan upaya untuk menerapkan komitmen pengurangan gas emisi rumah kaca …