Home / Kegiatan / Workshop 3rd Youth Environmental Leadership Program Universitas Trisakti

Workshop 3rd Youth Environmental Leadership Program Universitas Trisakti

Jakarta, 9 Mei 2018

thumbnail (6)

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup hadir dan memenuhi undangan sebagai Narasumber dalam acara workshop 3rd Youth Environmental Leadership Program pada tanggal 9 Mei 2018. Acara tersebut dilaksanakan di kampus A, gedung K lantai 8 yang bertepat di Universitas Trisakti, Jakarta.Acara workshop tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam acara 3rd knowledge, innovation and collaboration program yang diadakan oleh Universitas Trisakti.

Adapun tema seminar pada acara tersebut adalah “Pemuda Zaman Now, Sadar dan Peduli Lingkungan.” Dalam kesempatan tersebut Deputi Gubernur bidang TRLH diminta untuk menyapaikan pemaparan terkait peran/partisipasi anak muda dalam mewujudkan kota berkelanjutan. Deputi Gubernur menyampaikan 3 poin penting terkait dasar teori sosial yang dapat pemuda lakukan dalam mewujudkan kota berkelanjutan. Adapun 3 poin tersebut yakni, pemuda berperan sebagai agent of change; agent of development dan agent of modernization.

thumbnail (5)

Agent of Change, berarti pemuda diharapkan dapat menjadi agen yang dapat mempengaruhi, agent of development  berperan sebagai kontributor dalam pembangunan baik fisik/non-fisik, sedangkan agent of modernization berperan sebagai pelopor pembaharuan. Kemudian diperlukan 3 kewajiban yang harus dilakukan ‘pemuda zaman now’ yakni to inform (menyuarakan kebaikan), to inspire (memberikan teladan) dan to empower (dapat memberdayakan). Dengan begitu, apabila para pemuda dapat melakukan hal-hal tersebut, diharapkan Jakarta dapat menjadi Kota yang Berkelanjutan sesuai yang diinginkan oleh warganya.

About hildaje

Check Also

WhatsApp Image 2018-05-20 at 08.02.44

Pencanangan pembangunan fasilitas pengolahan sampah di dalam kota (Intermediate Treatment Facility/ITF) di Sunter,

Jakarta, Minggu (20/5). Wakil Gubernur  DKI Jakarta mencanangkan pembangunan fasilitas pengolahan sampah terpadu (Intermediate Treatment Facility/ITF) …