Home / Kliping / BPTJ Kaji Solusi Kemacetan Saat Arus Mudik, Khususnya di “Rest Area”
Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPTJ Kaji Solusi Kemacetan Saat Arus Mudik, Khususnya di "Rest Area"", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/05/24/12064301/bptj-kaji-solusi-kemacetan-saat-arus-mudik-khususnya-di-rest-area. 
Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Robertus Belarminus
Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPTJ Kaji Solusi Kemacetan Saat Arus Mudik, Khususnya di "Rest Area"", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/05/24/12064301/bptj-kaji-solusi-kemacetan-saat-arus-mudik-khususnya-di-rest-area. Penulis : Setyo Adi Nugroho Editor : Robertus Belarminus

BPTJ Kaji Solusi Kemacetan Saat Arus Mudik, Khususnya di “Rest Area”

Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPTJ Kaji Solusi Kemacetan Saat Arus Mudik, Khususnya di "Rest Area"", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/05/24/12064301/bptj-kaji-solusi-kemacetan-saat-arus-mudik-khususnya-di-rest-area.  Penulis : Setyo Adi Nugroho Editor : Robertus Belarminus
Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) terus mempersiapkan kelancaran arus mudik Lebaran 2018. Salah satu upaya yang dilakukan BPTJ yakni melakukan pengkajian untuk memecahkan masalah kemacetan yang mungkin terjadi saat arus mudik, khususnya di rest area. “Saat ini, kami masih mengkaji masalah kemacetan terutama di tempat-tempat istirahat atau rest area. Kita sedang coba buatkan rencana untuk menangani kepadatan yang biasanya terjadi akibat meningkatnya kunjungan ke rest area,” ucap Direktur Lalu Lintas dan Angkutan BPTJ Karlo Manik, saat dihubungi, Kamis (24/5/2018). Baca juga: Arus Mudik, Ini 5 Rest Area yang Didirikan di Solo Dalam penanganan kemacetan ini, pihak BPTJ nantinya akan bekerja sama dengan institusi lain seperti Jasa Marga dan Kepolisian. Persiapan lainnya adalah kebijakan pengaturan jam operasional truk angkutan barang. Karlo mengungkapkan, kebijakan tersebut akan diperluas selama waktu mudik dan libur Lebaran. “Sesuai peraturan Kemenhub, tentu pembatasan operasional truk diberlakukan beberapa hari. Ini perluasan dari kebijakan pembatasan jam operasional di hari biasa. Diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintasnya,” ucap Karlo. Baca juga: Catat, Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018 Rencana lain yang tengah disiapkan adalah membagi kepadatan antara jalan arteri dengan jalan tol terutama Cikampek. “Ini agar masyarakat tidak memenuhi jalan tol dan memberikan alternatif jalur yang dapat dilalui. Nanti akan kita informasikan jika sudah benar-benar siap,” ucap Karlo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “BPTJ Kaji Solusi Kemacetan Saat Arus Mudik, Khususnya di “Rest Area””, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/05/24/12064301/bptj-kaji-solusi-kemacetan-saat-arus-mudik-khususnya-di-rest-area.
Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Robertus Belarminus

Check Also

Normalisasi sungai terus dilanjutkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Selain normalisasi sungai, juga dilakukan terhadap 14 sarana pengendali banjir seperti waduk, embung, dan situ.(Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Atasi Banjir, Pemprov DKI Lanjutkan Program Normalisasi Sungai", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/10/21300011/atasi-banjir-pemprov-dki-lanjutkan-program-normalisasi-sungai. 
Penulis : Alek Kurniawan
Editor : Mikhael Gewati

Atasi Banjir, Pemprov DKI Lanjutkan Program Normalisasi Sungai

KOMPAS.com – Dalam penanganan banjir di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap akan melanjutkan …