Home / Kegiatan / Lokakarya “South and Southeast Asia-Air Improvements in the Region (SSEA-AIR) Air Quality Management” 4-7 Juni 2018 di Taipei, Taiwan
TAIWAN1 (2)

Lokakarya “South and Southeast Asia-Air Improvements in the Region (SSEA-AIR) Air Quality Management” 4-7 Juni 2018 di Taipei, Taiwan


taiwan

Air Quality Management Policy Exchange Workshop diselenggarakan oleh Pemerintah Taiwan dan Kementerian Lingkungan Hidup AS di Taipei 4-7 Juni 2018. Lokakarya ini merupakan ajang bertukar pengetahuan di antara kota Asia Selatan dan Asia Tenggara.  Jakarta satu-satunya kota Indonesia yang hadir. Delegasi Indonesia lainnya berasal dari pemerintah pusat (kementerian LHK dan BMKG).  Jakarta diwakili oleh Deputi Gubernur DKI bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dan staf Dinas Lingkungan Hidup.
Pada kesempatan tersebut, Jakarta menampilkan materi Jakarta’s Air Quality Situation, Challenges and Priorities. Secara informal, pemerintah Taiwan menyambut baik minat Jakarta untuk bermitra dalam penyusunan Desain Besar Pengelolaan Kualitas Udara Jakarta. Pengalaman Taiwan dalam menyusun Rencana Aksi Pengelolaan Kualitas Udara akan sangat membantu.
Dalam diskusi mengemuka beragam strategi dan upaya mengelola kualitas udara diantaranya partisipasi publik suatu keniscayaan, beragam sumber polusi memerlukan bentuk penanganan yang berbeda, berkolaborasi meningkatkan efektifitas, keberanian menetapkan target seperti keharusan penggunaan kendaraan listrik, insentif, subsidi, standar yang lebih ketat, penerapan hukuman.
Hal yang menarik adalah Taiwan menerapkan prinsip pengenaan biaya polusi secara ketat dengan beragam skema disesuaikan dengan bentuk sumber polusi.

Check Also

WhatsApp Image 2019-09-18 at 3.51.02 PM

Wawancara Mahasiswa Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Jakarta, 17 September 2019. Mahasiswa Magister dari UNTAR, Ivan Billy Zaini, berkunjung ke kantor Kedeputian Gubernur …