Home / Kliping / Sebelum Zaman Anies-Sandi, Penataan Kampung Hanya Percantik Lingkungan
Rumah nelayan di Kampung Deret di Cilincing. 


Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Sebelum Zaman Anies-Sandi, Penataan Kampung Hanya Percantik Lingkungan, http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/25/sebelum-zaman-anies-sandi-penataan-kampung-hanya-percantik-lingkungan.
Penulis: Dwi Rizki	
Editor: Hertanto Soebijoto
Rumah nelayan di Kampung Deret di Cilincing. Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Sebelum Zaman Anies-Sandi, Penataan Kampung Hanya Percantik Lingkungan, http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/25/sebelum-zaman-anies-sandi-penataan-kampung-hanya-percantik-lingkungan. Penulis: Dwi Rizki Editor: Hertanto Soebijoto

Sebelum Zaman Anies-Sandi, Penataan Kampung Hanya Percantik Lingkungan

Rumah nelayan di Kampung Deret di Cilincing.  Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Sebelum Zaman Anies-Sandi, Penataan Kampung Hanya Percantik Lingkungan, http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/25/sebelum-zaman-anies-sandi-penataan-kampung-hanya-percantik-lingkungan. Penulis: Dwi Rizki Editor: Hertanto Soebijoto
Rumah nelayan di Kampung Deret di Cilincing.

PENATAAN kampung prasejahtera yang dijanjikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno selama masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu bakal terlaksana lewat terbitnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 878 tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat pada tanggal 21 Mei 2018.

Penataan kampung tersebut pun disambut baik Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Oswar Muadzin Mungkasa.

Sebab menurutnya, penataan kampung yang dilakukan sebelum pemerintahan Anies-Sandi bersifat sporadis dan hanya mempercantik luarnya saja, sedangkan kehidupan masyarakat tetap miskin dan susah.

Oleh karena itu, lanjutnya, penataan kini tidak hanya ditangani Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semata, tetapi melibatkan pihak pengusaha hingga komunitas guna memberikan solusi bersama. Sehingga tidak hanya menyelesaikan masalah hunian semata, taraf hidup warga pun diharapkan meningkat.

“Penataan harus dilakukan bersama-sama, sehingga ada collaborative approach dalam memecahkan semua masalah. Ini kan baru pertama kali ya ada public people private bersama-sama tangani. Kalau berhasil kita ingin ini jadi contoh bagi kota lain di Indonesia. Kita ingin jadi center of excellence menangani rumah kumuh di Indonesia,” tutupnya.

Zaman Jokowi

Seperti diketahui sebelumnya, penataan kampung telah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak lama, seperti ketika Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Tidak hanya merenovasi rumah warga, Pemprov DKI Jakarta pun memberikan sertifikat kepada warga RW 05 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan; RW 01 Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat; RW 02 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur; dan RW 04 Cilincing, Koja, Jakarta Utara.

Namun, rencana Jokowi-sapaan Joko Widodo, untuk menata sejumlah kampung lainnya gagal ketika dirinya terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia pada tahun 2014.

Tampuk kepemimpinan yang bergulir kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pun tidak berbuah banyak, selain mengganti konsep Kampung Deret dengan relokasi ke dalam rusun, sejumlah kampung masih terabaikan saat ini.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Sebelum Zaman Anies-Sandi, Penataan Kampung Hanya Percantik Lingkungan, http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/25/sebelum-zaman-anies-sandi-penataan-kampung-hanya-percantik-lingkungan.
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …