Home / Kegiatan / Diskusi dengan UNICEF dan KPBB terkait Rencana Penyusunan Desain Besar Polusi Udara
20180626_104234

Diskusi dengan UNICEF dan KPBB terkait Rencana Penyusunan Desain Besar Polusi Udara

20180626_104234

Jakarta, 26 Juni 2018. Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan didampingi oleh staf teknis dari Dinas Lingkungan Hidup (Kabid. Pengendalian Dampak Lingkungan) kembali melangsungkan diskusi dengan UNICEF untuk membahas secara lebih mendalam mengenai bentuk dukungan dan keterlibatan UNICEF dalam proses penyusunan Desain Besar Polusi Udara yang diinisiasi oleh Kedeputian Gubernur bidang TRLH. Turut hadir sebagai rekan kerja dari UNICEF adalah perwakilan dari KPBB (Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal).

Dalam diskusi ini, Deputi Gubernur TRLH turut menyampaikan kepada UNICEF bahwa saat ini Pemprov.DKI Jakarta mendapatkan juga dukungan dari U.S EPA (United State Environmental Protection Agency) dan  EPAT (Taiwan Environmental Protection Aministration). Bentuk dukungan tersebut diwujudkan dengan diundangnya Deputi TRLH dan staf Dinas Lingkungan hidup dalam kegiatan Lokakarya “South and Southeast Asia-Air Improvements in the Region (SSEA-AIR) Air Quality Management” 4-7 Juni 2018 di Taipei.  Secara informal, pemerintah Taiwan menyambut baik minat Jakarta untuk bermitra dalam penyusunan Desain Besar Pengelolaan Kualitas Udara Jakarta. Pengalaman Taiwan dalam menyusun Rencana Aksi Pengelolaan Kualitas Udara akan sangat membantu.

UNICEF sendiri menyatakan akan memberikan bantuannya kepada Pemprov.DKI Jakarta melalui: i) Pihak UNICEF mencoba mengakomodasikan expert-expert terkait polusi udara dalam penyusunan Desain Besar polusi udara; (ii) UNICEF akan menyebarkan info mengenai penyusunan Desain Besar Polusi Udara kepada rekan-rekan kerja UNICEF untuk membantu Pihak Pemprov.DKI Jakarta agar mendapatkan dukungan sebanyak-banyaknya, (iii) Pihak UNICEF akan mencoba membantu Pemprov.DKI Jakarta dalam penyusunan proposal terkait konsep Desain Besar Polusi Udara sebagai materi untuk di rapatkan lebih lanjut.

Dalam kesempatan ini, pihak UNICEF kembali menyampaikan kepada Deputi TRLH mengenai rencana akan diadakanya event Air Pollution and Children’s Health – Evidence to Policy Platform yang akan dijadwalkan pada tanggal 31 Juli 2018 bekerjasama dengan BAPPENAS. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan dampak dari buruknya kualitas udara kepada kesehatan anak-anak secara khusus. Deputi Gubernur bidang TRLH akan menjadi salah satu panelis dalam sesi acara tersebut.

Check Also

IMG-20181112-WA0018

Pertemuan Bersama UN Environtment terkait Program Efisiensi Sumberdaya dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Jakarta, 12 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menjalankan pertemuan dengan …