Home / Kliping / Gubernur Yakin TGUPP Pengelolaan Pesisir dan Badan Reklamasi Tak Tumpang Tindih
gubernur yakin TGUPP pengelolaan

Gubernur Yakin TGUPP Pengelolaan Pesisir dan Badan Reklamasi Tak Tumpang Tindih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Makam Wakaf Muslim di kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018)(Kompas.com/Sherly Puspita) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gubernur Yakin TGUPP Pengelolaan Pesisir dan Badan Reklamasi Tak Tumpang Tindih ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/06/26/18111451/gubernur-yakin-tgupp-pengelolaan-pesisir-dan-badan-reklamasi-tak-tumpang.  Penulis : Jessi Carina Editor : Dian Maharani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Makam Wakaf Muslim di kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018)(Kompas.com/Sherly Puspita)

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini tugas dan fungsi Tim Gubernur Bidang Pengelolaan Pesisir dan Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta tidak akan tumpang tindih. Dia mengatakan, tim gubernur merupakan bagian dari TGUPP. “Kalau badan itu memang amanat dari Keppres 52 dan Perda Nomor 8. Kalau yang ini fungsinya lebih untuk masukan ke gubernur,” ujar Anies di kawasan Menteng, Selasa (26/6/2018). Anies mengatakan, tim gubernur berisi dari para ahli yang berada di luar pemerintahan. Mereka akan memberi masukan kepadanya terkait bidang pesisir sebelum membuat kebijakan. Tujuannya agar semua kebijakan terkait pesisir bisa sinkron. Baca juga: Marco Kusumawijaya Jadi Ketua TGUPP Bidang Pengelolaan Pesisir Sementara itu, badan pengelola diisi oleh jajaran PNS DKI. Ketua TGUPP bidang Pengelolaan Pesisir Marco Kusumawijaya juga menjelaskan perbedaan timnya dengan Badan Koordinasi Pengelolan Reklamasi. Marco mengatakan timnya bertugas memberi saran kepada Gubernur, tetapi tidak bisa melaksanakan kebijakan. “Kami kan bukan perangkat daerah, kami ini memberi saran ke Gubernur. Gubernur memutuskan apa dan yang dia perintahkan adalah Badan itu,” ujar Marco. Selain itu, badan tersebut fokus mengurusi masalah reklamasi. Sementara Tim Gubernur Bidang Pengelolaan Pesisir mengurus hal lain selain reklamasi yang berkaitan dengan kawasan pesisir dan Kepulauan Seribu. Baca juga: Sudah Ada Bidang Pengelolaan Pesisir di TGUPP, DPRD Heran Anies Bentuk Badan Reklamasi Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mempertanyakan Pemprov DKI yang membentuk Badan Koordinasi Pengelolaan Pantai Utara Jakarta (BPK Pantura Jakarta). Padahal, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyiapkan divisi kecil bidang pengelolaan pesisir dalam Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). “Kan, sudah ada TGUPP yang membidangi tentang itu juga ya. Nah, itu orangnya memang pada ke mana? Fungsinya apa? Kenapa sekarang malah membentuk badan yang baru lagi?” ujar Gembong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gubernur Yakin TGUPP Pengelolaan Pesisir dan Badan Reklamasi Tak Tumpang Tindih “, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/06/26/18111451/gubernur-yakin-tgupp-pengelolaan-pesisir-dan-badan-reklamasi-tak-tumpang.
Penulis : Jessi Carina
Editor : Dian Maharani

 

Check Also

Pendataan Aset Pemprov DKI Sudah 75 Persen

Pendataan aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mencapai 75 persen. Kepastian aset tersebut …