Home / Kliping / Kadis Sumber Daya Air DKI Sudah Punya Konsep Naturalisasi Sungai
kadis sumber daya air dki

Kadis Sumber Daya Air DKI Sudah Punya Konsep Naturalisasi Sungai

kadis sumber daya air dki
Alat berat digunakan memasang turap untuk normalisasi bantaran Kali Ciliwung di Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2013). Normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 20 kilometer terus dilakukan untuk mengurangi banjir yang kerap melanda di sekitar alur sungai yang dilaluinya. Proyek normalisasi Ciliwung ini dianggarkan sebesar Rp 1,2 triliun. (KOMPAS/AGUS SUSANTO) 

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengaku sudah punya konsep naturalisasi sungai. Istilah naturalisasi dalam penanganan sungai pertama kali disebut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika ditanya soal kelanjutan normalisasi sungai. “Kita pakai grass block. Jadi, semacam ada betonisasi tapi memungkinkan biota bisa tumbuh,” Teguh, Jumat (29/6/2018). Baca juga: Naturalisasi Sungai ala Anies, Bukan Sekadar Pembetonan… Teguh mengatakan, pemakaian grass block sangat memungkinkan diterapkan di sungai-sungai di Jakarta. Ia memperkirakan, aliran Kali Krukut, Sungai Ciliwung, dan Kali Pesanggrahan, yang sebagian masih alami tanpa turap, bisa dilebarkan dengan naturalisasi. Caranya, dinding beton sebagai penahan akan dilapisi dengan tanah yang bisa jadi medium tumbuh-tumbuhan pinggir kali. “Kita kerja sama dengan Dinas Kehutanan bikin yang namanya naturalisasi di spot-spot itu. Ada ruang terbuka hijau tanpa mengurangi kekuatannya,” kata Teguh. Baca juga: Menanti Naturalisasi Sungai ala Anies-Sandi Teguh mengatakan, saat ini pihaknya masih melalukan survei lapangan untuk menentukan titik-titik naturalisasi. Setelah itu, pihaknya akan melakukan kajian teknis untuk memastikan tanggul yang dinaturalisasi tetap kuat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kadis Sumber Daya Air DKI Sudah Punya Konsep Naturalisasi Sungai”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/06/29/12464581/kadis-sumber-daya-air-dki-sudah-punya-konsep-naturalisasi-sungai.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Robertus Belarminus

 

Check Also

pemda didorong tata lanskap

Pemda Didorong Tata Lanskap Kota

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pemerintah daerah untuk menata …