Home / Kegiatan / Rapat Tindak Lanjut terkait Lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan di Grogol Selatan
tani (3)

Rapat Tindak Lanjut terkait Lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan di Grogol Selatan

tani (1) tani (2) tani (3)

Jakarta, 29 Juni 2018. Telah dilaksanakan Rapat Tindak Lanjut terkait Lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan di Grogol Selatan. Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan didampingi oleh Asisten Deputi bidang Lingkungan Hidup menerima dan memimpin rapat Tindak Lanjut terkait Lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan di Grogol Selatan. Tujuan dari pertemuan ini adalah pembahasan status lahan 1.3 Ha yang rencananya untuk Pemanfaatan Lahan Milik Pemda DKI Jakarta yang berada di area Grogol Selatan agar dapat digunakan sebagai pusat aktivitas warga sekitar dalam hal Pertanian Perkotaan. Hal-hal yang perlu mendapat perhatian sebagai berikut:

  1. Aset tanah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus jelas meskipun perlu waktu untuk memastikannya agar terhindar dari permasalahan tanah.
  2. Ikatan Ahli Landscape Indonesia pada tanggal 19 Juli akan mengadakan Expo Urban Scape di Kemayoran. Apabila status tanah sudah fix akan dijadikan lokasi sayembara. IALI berharap ada masukan dari unsur pemerintah DKI Jakarta dan Warga sekitar. IALI siap membantu Pemerintah Prov. DKI Jakarta sekaligus menerapkan konsep penataan kota dalam bidang studi dan penelitian. Dalam sayembara tersebut akan di umumkan pemenangnya pada tanggal 20 Juli 2018.
  3. Dinas KPKP Prov. DKI Jakarta menyampaikan perlunya suatu kawasan khusus untuk peruntukan pertanian perkotaan. Program tersebut sudah dianggarkan pada tahun 2019.
  4. Dinas KPKP Prov. DKI terkait lahan Uji Coba Grogol Selatan siap melakukan pembinaan dan pendampingan guna menata dan memanfaatkan lokasi tersebut.
  5. Dinas PPAPP Prov. DKI Jakarta siap membantu dalam memanfaatkan lokasi tersebut melalui pemberdayaan masyarakat.
  6. Diharapkan lokasi dengan luas 1.3 Ha dapat dimanfaatkan untuk media belajar bagi warga dan para siswa sekolah dan perguruan tinggi melalui RPTRA dan lokasi Uji Coba Pertanian Perkotaan.
  7. Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan siap untuk membuat kelompok tani perkotaan dan serta bantuan alat pertanian.
  8. Lokasi 1.3 Ha di Kelurahan Grogol Selatan diharapakan dapat menjadi Community Centre selain itu kontur tanah pada lokasi tersebut dapat ditata sedemikian rupa sehingga dapat menjadi tujuan wisata bagi warga sekitar.

 

Check Also

Diskusi dengan KOTAKU

DISKUSI DENGAN PERWAKILAN BANK DUNIA, KOTAKU, DAN HCC TERKAIT PENANGANAN KAWASAN KUMUH DI JAKARTA

Jakata, Rabu 18 Juli 2018, Kedeputian bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup melakukan diskusi dengan …