Home / Kegiatan / Menghadiri Seminar Drinking Water Management yang Diadakan oleh Kedutaan Perancis
20180703_113242

Menghadiri Seminar Drinking Water Management yang Diadakan oleh Kedutaan Perancis

Jakarta, 3 Juli 2018

20180703_111422

Telah diselenggarakannya seminar yang diadakan oleh Trade Commission Business France bekerjasama dengan Kedutaan Perancis di Indonesia pada hari Selasa, 3 Juli 2018 yang bertempat di Pullman hotel Thamrin, Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Deputi Gubernur bidang TRLH diundang sebagai narasumber untuk memaparkan tantangan dan solusi Jakarta dalam memenuhi target ke-6 (enam) dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

Adapun dalam seminar yang bertajuk ‘Dringking Water Management’ tersebut turut hadir presiden direktur PAM Jaya, Presiden Direktur PD PAL JAYA, Presiden Direktur PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), perwakilan dari Kementerian PUPR dan Para Direktur dari berbagai BUMD di Jakarta, serta 8 (delapan) perusahaan Perancis yang terlibat dalam pengolahan air minum dan air limbah.

20180703_155246

Dalam seminar tersebut, Deputi Gubernur turut menyampaikan beberapa poin penting yakni DKI Jakarta belum memiliki Road Map dalam memenuhi target ke-6 (enam)/sektor air terkait SDG 2030. Akan tetapi, DKI Jakarta masih banyak terdapat permasalahan yang perlu diselesaikan dalam beberapa tahun mendatang seperti sebanyak 45% penduduk Jakarta masih menggunakan air dari sumber yang sudah tercemar, tingkat konsumsi dan kebocoran air yang masih sangat tinggi, 14% penduduk Jakarta yang masih melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan sumber air baku yang dikonfirmasi berstatus defisit.

Sehingga perlu adanya berbagai solusi yang perlu ditangani Jakarta dalam mencapai target SDG pada sektor air seperti yang disampaikan oleh Deputi Gubernur bidang TRLH, yakni usulan program penghematan air (1 Liter/orang/hari), monitoring tingkat penggunaan dan kebocoran air oleh pihak swasta secara berkala, Meningkatkan kualitas air baku (sungai-sungai di Jakarta) sehingga layak guna, desalinasi, pengolahan air limbah, Berkoordinasi dengan pemda sekitar dalam pembuatan water pond, pengimplementasian pengelolaan air hujan serta tidak lupa edukasi dan pemberdayaan stop BABS.

Semoga dengan penyampaian pandangan dari Deputi Gubernur bidang TRLH tersebut, terdapat tindak lanjut kerjasama dengan pihak Perancis dalam perbaikan manajemen air minum dan air limbah di DKI Jakarta, sehingga diharapkan terwujudnya 100% akses air minum dan sanitasi di Jakarta.

Check Also

iclei1

ICLEI Capasity Building Program on Climate Change Policies, Seoul – Korea Selatan 3 – 7 September 2018

  Salah satu kelemahan dari upaya pelaksanaan agenda global adalah kekurangpahaman para pengambil keputusan. Mengantisipasi …