Home / Kliping / FOTO: Cantiknya Kali Besar di Kawasan Kota Tua, Serasa Jalan-jalan di Eropa
foto cantiknya kali besar1

FOTO: Cantiknya Kali Besar di Kawasan Kota Tua, Serasa Jalan-jalan di Eropa

foto cantiknya kali besar1 cantiknya kali besar3 cantiknya kali besar2

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membuka proyek revitalisasi Kali Besar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (6/7/2018) kemarin. Dengan itu, masyarakat sudah bisa mengakses area yang proyek revitalisasinya telah berlangsung sejak 2017 lalu. Sabtu (7/7/2018) pagi, Kompas.com mengunjungi kawasan yang proyeknya menghabiskan anggaran hingga Rp 260 miliar itu. Suasananya tak jauh berbeda dengan kunjungan Kompas.com pada awal Maret silam. Bedanya pagar seng yang mengelilingi Kali Besar sudah mulai diangkat.
Belum banyak pula wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut. “Mungkin baru sore mas, sekarang kan masih panas,” kata seorang petugas. Baca juga: Mendadak Dibuka Sandiaga, Kali Besar Kota Tua Kini Bebas Dikunjungi Masyarakat Walau baru dibangun, kawasan Kali Besar tampak menyatu dengan bangunan-bangunan tua di sekelilingnya. Jalur pedestrian berukuran lebar yang beralaskan batu andesit mengingatkan dengan suasana di perkotaan Eropa. Apalagi, bangunan-bangunan berarsitektur kuno berdiri di sepanjang sisi. Kondisi lingkungan yang bersih juga membuat Kompas.com seolah terlupa bahwa kawasan itu masih berada di Jakarta.

Kawasan Kali Besar juga mempunyai area terapung yang didirikan di atas air. Sayangnya, area tersebut masih belum bisa diakses saat ini. Air yang mengalir di sana pun masih terlihat keruh dengan warna hijau lumut. Namun, tidak tercium bau menyengat yang mengganggu indera penciuman. Baca juga: Sandiaga: PKL dan Kendaraan Tidak Boleh Masuk ke Kali Besar Daya tarik lain yang dimiliki Kali Besar adalah sejumlah instalasi patung yang tersebar di sana. Pose-pose yang ditampilkan patung itu mengundang pengunjung untuk berfoto bersama. Walau kini masih terasa gersang, beberapa waktu ke depan kawasan itu dijamin akan terasa rindang. Pasalnya puluhan pohon yang sedang dalam masa pertumbuhan telah ditanam di sana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “FOTO: Cantiknya Kali Besar di Kawasan Kota Tua, Serasa Jalan-jalan di Eropa”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/07/11452671/foto-cantiknya-kali-besar-di-kawasan-kota-tua-serasa-jalan-jalan-di-eropa.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Sabrina Asril

Check Also

pemda didorong tata lanskap

Pemda Didorong Tata Lanskap Kota

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pemerintah daerah untuk menata …