Home / Kegiatan / Rapat Koordinasi terkait Tindak Lanjut Lokasi Ujicoba Pertanian Perkotaan di Grogol Selatan
514e648c-386a-463e-8613-5b536ecd2afd

Rapat Koordinasi terkait Tindak Lanjut Lokasi Ujicoba Pertanian Perkotaan di Grogol Selatan

809d7894-5d9f-4d0e-8124-4715d8651922

Jakarta, 25 Juli 2018. Telah dilaksanakan rapat yang dipimpin oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dalam menindaklanjuti progres lokasi pertanian perkotaan di Grogol Selatan. Rapat ini turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Badan Pengelola Aset Daerah DKI Jakarta, Lurah dan staf Kelurahan Grogol Selatan dan perwakilan Asosiasi Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia (APALI) serta Mahasiwa Pemenang Sayembara Urbanscape. Tujuan rapat koordinasi ini adalah membahas tindak lanjut lahan uji pertanian pertanian perkotaan di Grogol Selatan beserta pemaparan desain tapak oleh pemenang sayembara Urbanscape.

Hal-hal yang disampaikan pada rapat ini sebagai berikut:

  1. Dinas Kehutanan mengonfirmasi kepemilikan lahan di lokasi uji coba tersebut dan belum adanya perencanaan mengenai pemanfaatan lahan sehingga menyetujui adanya pengembangan pertanian perkotaan
  2. Pemenang dari Expo Urbanscape merupakan Mahasiswa ISTN (Institut Sains dan Teknologi Nasional) yaitu Adityas Prasetyo dan Dimas Muhammad Thoifur. Kedua mahasiswa tersebut menginisiasi konsep Conserve, Enhance and Sustain. Dasar dari konsep tersebut yaitu untuk menyediakan ruang terbuka hijau yang edukatif, ekologis, ekonomis, interaktif juga berkelanjutan.
  3. Pada rencana tersebut, lokasi dibagi menjadi beberapa simpul aktivitas yaitu taman bermain anak, balai kegiatan masyarakat, lahan pertanian sayur dan buah, rumah pembibitan dan kolam budidaya ikan. Rencana ini juga memperhatikan kondisi sungai yang melintasi lokasi perancangan dengan melakukan penghijauan di sepanjang sempadan sungai.

Dari hasil rapat tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menginformasikan perkembangan dari lokasi uji coba pertanian perkotaan Grogol Selatan dan menampilkan konsep desain lokasinya. Diharapkan uji coba pertanian perkotaan di Jakarta dapat segera direalisasikan dan berdampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan DKI Jakarta.

 

Check Also

Menghadiri Kick Off Meeting PD PAL Jaya Marketing Strategy Development

Jakarta, 13 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menghadiri acara kick …