Home / Kliping / PD PAL Sedot Limbah Pasar agar Tak Bikin Bau Kali Item
Pekerja membersihkan sampah di Kali Sentiong atau Kali Item, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018). Pemasangan jaring-jaring berbahan nilon untuk mengatasi buruknya rupa Kali Item sebelum menerima para atlet Asian Games 2018 dari mancanegara yang akan menginap di Wisma Atlet.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PD PAL Sedot Limbah Pasar agar Tak Bikin Bau Kali Item", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/30/15552481/pd-pal-sedot-limbah-pasar-agar-tak-bikin-bau-kali-item. 
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Robertus Belarminus
Pekerja membersihkan sampah di Kali Sentiong atau Kali Item, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018). Pemasangan jaring-jaring berbahan nilon untuk mengatasi buruknya rupa Kali Item sebelum menerima para atlet Asian Games 2018 dari mancanegara yang akan menginap di Wisma Atlet.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PD PAL Sedot Limbah Pasar agar Tak Bikin Bau Kali Item", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/30/15552481/pd-pal-sedot-limbah-pasar-agar-tak-bikin-bau-kali-item. Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Robertus Belarminus

PD PAL Sedot Limbah Pasar agar Tak Bikin Bau Kali Item

Pekerja membersihkan sampah di Kali Sentiong atau Kali Item, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018). Pemasangan jaring-jaring berbahan nilon untuk mengatasi buruknya rupa Kali Item sebelum menerima para atlet Asian Games 2018 dari mancanegara yang akan menginap di Wisma Atlet.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PD PAL Sedot Limbah Pasar agar Tak Bikin Bau Kali Item", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/30/15552481/pd-pal-sedot-limbah-pasar-agar-tak-bikin-bau-kali-item.  Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Robertus Belarminus
Pekerja membersihkan sampah di Kali Sentiong atau Kali Item, Jakarta Utara, Jumat (20/7/2018). Pemasangan jaring-jaring berbahan nilon untuk mengatasi buruknya rupa Kali Item sebelum menerima para atlet Asian Games 2018 dari mancanegara yang akan menginap di Wisma Atlet.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.com – PD PAL Jaya ikut turun tangan menanggulangi bau tak sedap dari Kali Sentiong atau Kali Item yang melintas dekat Wisma Atlet Kemayoran. Manajer Operasi dan Pemeliharaan PD PAL Jaya Ahadiat menyatakan, pihaknya bertugas menyedot limbah dari Pasar Kemayoran dan Pasar Serdang agar tidak mengalir ke Kali Item dan menimbulkan bau. “Kita mengambil sumber polutan yang masuk ke Kali Sentiong. Di antaranya adalah pasar. Yang sudah kita lakukan adalah mengambil polutan di Pasar Serdang dan Kemayoran,” kata Ahadiat, di Sunter, Senin (30/7/2018). Baca juga: Cerita dari Kali Sentiong alias Kali Item di Masa Lalu… Ahadiat menyebut, pasar tersebut menghasilkan limbah berupa cucian daging, ikan, hingga jeroan, yang bisa menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, PD PAL Jaya menyedot limbah tersebut dari saluran drainase agar tidak mengalir ke Kali Item dan membuat kali itu semakin tercemar. “Pokoknya kita nyedot dua truk lah, delapan meter kubik masing-masing pasar jadi 16 meter kubik. Sudah dari 11 Juli sudah mulai action di dua pasar itu,” kata dia. Ahadiat menuturkan, limbah yang tersedot nantinya akan dibawa ke Instalasi Pengelolaan Lumpur-Tinja (IPLT) yang beralamat di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Baca juga: Sylviana Murni: Kami Konsentrasi agar Kali Item Tak Bau Saat Asian Para Games Penyedotan tersebut memakan dana sekitar Rp 1,6 juta setiap harinya yang dilakukan secara cuma-cuma oleh PD PAL Jaya. “Karena kan PD PAL adalah BUMD milik pemprov (DKI). Jadi, kalau ada penugasan ya kita harus support juga,” kata Ahadiat. Video Pilihan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PD PAL Sedot Limbah Pasar agar Tak Bikin Bau Kali Item”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/30/15552481/pd-pal-sedot-limbah-pasar-agar-tak-bikin-bau-kali-item.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Robertus Belarminus

Check Also

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Tugas Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/15/17314601/ini-tugas-tim-evaluasi-tata-kelola-air-minum. 
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Dian Maharani

Ini Tugas Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum. …