Home / Kliping / 5 Wilayah yang Potensial untuk Jadi Kota Mandiri

5 Wilayah yang Potensial untuk Jadi Kota Mandiri

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah telah mencanangkan pengembangan 10 kota baru sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk 2015-2019. Namun, realisasi tersebut baru terjadi di Kota Maja, Lebak, Banten, yang dibangun sejak 2017 lalu.

Pengamat properti dari Indonesia Properti Watch (IPW), Ali Tranghanda menuturkan, pengembangan kota mandiri memang dibutuhkan perencanaan yang matang. Pasalnya, menurut Ali, banyak regulasi terkait tata ruang kota yang juga harus dipertimbangkan oleh pemerintah daerah (Pemda).

“Sudah mulai persiapan, tapi perlu perencanaan yang lebih matang. Penetapan kota baru ini berdasarkan peraturan presiden (perpres) dan selanjutnya akan diserahkan detailnya ke masing-masing pemda terkait tata ruang dan lainnya,” tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (6/8/2018).

Ali menilai, ada lima kawasan lain yang ia pandang turut berpotensi sebagai kota mandiri berikutnya.

Ali menyebutkan salah satunya adalah kota Gresik. “Untuk di luar area Jakarta, ada Kota Majalengka, Walini, Gresik, Palangkaraya, dan juga Jonggol,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Ali berpendapat perencanaan yang terintegrasi serta melihat pada apa yang tengah terjadi menjadi krusial ketika berbicara pembangunan kota mandiri.

“Kota baru harus direncanakan, umumnya pemekaran dari kota-kota yang sudah padat,” pungkas dia.

Check Also

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Tugas Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/15/17314601/ini-tugas-tim-evaluasi-tata-kelola-air-minum. 
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Dian Maharani

Ini Tugas Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum. …