Home / Kegiatan / Rapat Koordinasi Terkait Rencana Naturalisasi Sungai di DKI Jakarta
BBWSCC 3

Rapat Koordinasi Terkait Rencana Naturalisasi Sungai di DKI Jakarta

BBWSCC 2 BBWSCC

 

Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018 telah berlangsung rapat koordinasi terkait rencana naturalisasi sungai di DKI Jakarta. Rapat tersebut dipimpin oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup didampingi Asisten Deputi bidang Tata Ruang. Turut hadir juga pada rapat tersebut perwakilan dari BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane) Kementerian PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup, Bappeda DKI Jakarta, dan Staf Kedeputian TRLH. Tujuan rapat ini adalah untuk menyepakati rencana pembahasan naturalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Naturalisasi sungai dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu 1) restorasi yaitu mengembalikan kondisi sungai sebagaimana bentang alam semula atau 2) mencegah perubahan ekstrim terhadap bentang alam di sepanjang sungai. Untuk naturalisasi sungai di Jakarta, akan dilakukan di Sungai Ciliwung. Namun, perlu untuk mengetahui perimeter ideal DAS Ciliwung, kondisi ‘dasar sungai’ Sungai Ciliwung, dan lokasi potensial untuk naturalisasi dari hulu ke hilir. Sehingga pada pertemuan selanjutnya akan membahas pemilihan lokasi naturalisasi yang akan diusulkan menjadi kawasan percontohan.

 

Check Also

PRESENTASI

Mahasiswa Kerja Praktik Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta melaksanakan Presentasi Hasil Kerja Praktik

  Jakarta, Selasa 14 Agustus 2018, telah dilaksanakan presentasi hasil kerja praktik oleh Mahasiswa Teknik …