Home / Kliping / Musim Kemarau, Pasokan Air Palyja Berkurang ke Sejumlah Wilayah di Jakarta
musim kemarau

Musim Kemarau, Pasokan Air Palyja Berkurang ke Sejumlah Wilayah di Jakarta

musim kemarau

JAKARTA, KOMPAS.com – Suplai air dari PT PAM Lyonnaise Jaya ( Palyja) mengalami penurunan pada Agustus 2018 sebagai dampak musim kemarau. Corporate Communications and Social Responsibilities Division Head Palyja Lydia Astriningworo mengatakan, terdapat penurunan kualitas air di Kali Krukut, Jakarta Barat, sebagai salah satu sumber air baku Palyja. “Palyja mulai mengalami penurunan karena musim kemarau. Hal ini akan mengganggu suplai air bersih ke pelanggan,” kata Lydia dalam keterangan rilisnya, Rabu (8/8/2018). Baca juga: Perbaikan Kebocoran Pipa Palyja Selesai, Pasokan Air Normal Bertahap Palyja mengindikasi suplai air bersih berkurang akibat adanya kenaikan konsentrasi ammonium di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak yang sudah melebihi batas maksimum. Beberapa wilayah yang terkena dampak adalah Karang Anyar, Kartini, Mangga Dua Selatan, Gambir, Mangga Dua Selatan, Petojo Utara, Duri Pulo, Jati Padang, Pasar Minggu, Tanjung Barat, Ragunan, dan Cilandak Timur. Kemudian wilayah Kebagusan, Tanjung Barat, Pejaten Timur, Pejaten Barat, Kalibata, Gandaria Selatan, Cilandak Barat, Cipete Selatan, Lebak Bulus, Pondok Pinang, Kebayoran Lama Selatan, Gandaria Utara, Cipete Utara, Pulo, Cipete Selatan, Gandaria Utara, dan Melawai. Baca juga: Pasokan Air Palyja di Sejumlah Wilayah Jakarta Terganggu Selanjutnya adalah wilayah Pela Mampang, Petogogan, Cipete Selatan, Pancoran, Duren Tiga, Cikoko, Kalibata, Pengadengan, Rawa Jati, Pejaten Timur, Bangka, dan Pejaten Barat. Oleh karena itu, Palyja melakukan penurunan produksi dari 400-250 liter per detik (LPS) sesuai kapasitas maksimum ammonium yang diolah IPA Cilandak. Upaya lainnya adalah menambahkan kadar udara pada air atau aerasi untuk mengurangi konsentrasi ammonium. Baca juga: Perbaikan Pipa Selesai, Distribusi Air Palyja Normal Secara Bertahap ” PALYJA memohon maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi. Kami akan menginformasikan perkembangannya secara berkala,” ujar Lydia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Musim Kemarau, Pasokan Air Palyja Berkurang ke Sejumlah Wilayah di Jakarta “, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/08/16245011/musim-kemarau-pasokan-air-palyja-berkurang-ke-sejumlah-wilayah-di-jakarta.
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Normalisasi sungai terus dilanjutkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Selain normalisasi sungai, juga dilakukan terhadap 14 sarana pengendali banjir seperti waduk, embung, dan situ.(Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Atasi Banjir, Pemprov DKI Lanjutkan Program Normalisasi Sungai", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/10/21300011/atasi-banjir-pemprov-dki-lanjutkan-program-normalisasi-sungai. 
Penulis : Alek Kurniawan
Editor : Mikhael Gewati

Atasi Banjir, Pemprov DKI Lanjutkan Program Normalisasi Sungai

KOMPAS.com – Dalam penanganan banjir di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap akan melanjutkan …