Home / Kliping / Skybridge Tanah Abang Dirancang Bisa Tahan 50 Tahun
Fabrikasi baja untuk skybridge Tanah Abang dilakukan di Cikupa, Tangerang, Kamis (9/8/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Skybridge Tanah Abang Dirancang Bisa Tahan 50 Tahun", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/09/14425711/skybridge-tanah-abang-dirancang-bisa-tahan-50-tahun. 
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik
Fabrikasi baja untuk skybridge Tanah Abang dilakukan di Cikupa, Tangerang, Kamis (9/8/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Skybridge Tanah Abang Dirancang Bisa Tahan 50 Tahun", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/09/14425711/skybridge-tanah-abang-dirancang-bisa-tahan-50-tahun. Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik

Skybridge Tanah Abang Dirancang Bisa Tahan 50 Tahun

Fabrikasi baja untuk skybridge Tanah Abang dilakukan di Cikupa, Tangerang, Kamis (9/8/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Skybridge Tanah Abang Dirancang Bisa Tahan 50 Tahun", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/09/14425711/skybridge-tanah-abang-dirancang-bisa-tahan-50-tahun.  Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik
Fabrikasi baja untuk skybridge Tanah Abang dilakukan di Cikupa, Tangerang, Kamis (9/8/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

TANGERANG, KOMPAS.com – Skybrige atau jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Tanah Abang, Jakarta Pusat, kini tengah dibangun PD Sarana Jaya. Pembangunan dimulai dengan proses fabrikasi baja untuk pondasi yang dilakukan di bengkel baja milik PT Nikko Steel di Cikupa, Tangerang. Proses fabrikasi itu antara lain mencakup perancangan, pemotongan, pembentukan, penyambungan, dan perakitan baja. Saat Kompas.com mengunjungi bengkel itu Kamis (9/8/2018), tampak puluhan tiang baja yang akan jadi pondasi tengah dipotong-potong. Asisten Manajer Unit Perencanaan PD Pembangunan Sarana Jaya Kartika Ayu Agustina mengatakan, baja-baja yang tengah dirakit itu mampu menopang skybridge hingga puluhan tahun lamanya. “Material ini bisa bertahan lebih dari 50 tahun,” kata Kartika. Enro, pegawai Nikko Steel, menjelaskan baja yang digunakan berasal dari pabrik Gunung Steel di Cikarang. Di bengkel di Cikupa itu, Enro dan kawan-kawan menyesuaikan potongan baja yang dikirim dengan rancangan konstruksi. Baca juga: Sandiaga: Skybridge Tanah Abang Beroperasi 15 Oktober 2018 “Dari sini baru dikirim bertahap ke Tanah Abang, nanti disambung di sana,” ujar Enro. Enro mengatakan, kekuatan baja itu sudah sesuai standar material untuk struktur. Pihaknya juga mengirimkan sampel ke Universitas Indonesia untuk uji kekuatan. Dipastikan, skybridge Tanah Abang dibangun dengan material yang baik. Skybridge itu ditargetkan bisa digunakan Oktober 2018. Selain sebagai jembatan penyeberangan pejalan kaki dan penumpang kereta api, skybridge juga akan jadi lapak jualan 446 pedagang kaki lima (PKL) Jalan Jatibaru. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun skybidge itu sebesar Rp 35 miliar. Baca juga: PKL Khawatir Pembangunan Skybridge Tanah Abang Rugikan Mereka

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Skybridge Tanah Abang Dirancang Bisa Tahan 50 Tahun”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/09/14425711/skybridge-tanah-abang-dirancang-bisa-tahan-50-tahun.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Sejumlah alat berat beroperasi di lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/1). Dana bantuan kemitraan Pemprov DKI Jakarta kepada Pemkot Bekasi pada 2018 berkurang Rp116 miliar dibanding 2017 yang diperuntukkan bagi kebutuhan infrastruktur publik dan dana kompensasi warga sekitar TPST Bantar Gebang. ANTARA FOTO/Risky Andrianto/aww/18.(Risky Andrianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jika Hibah Tak Cair, Pemkot Bekasi Ancam Larang Truk Sampah DKI Melintas", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/14/20002381/jika-hibah-tak-cair-pemkot-bekasi-ancam-larang-truk-sampah-dki-melintas. 
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Sandro Gatra

Jika Hibah Tak Cair, Pemkot Bekasi Ancam Larang Truk Sampah DKI Melintas

BEKASI, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Bekasi mengancam akan melarang truk sampah DKI mengakses jalan dari …