Home / Kliping / Bau Kali Sentiong Kembali Menyengat, Kagama DKI Semprotkan Lagi Mikroba
Kondisi Kali Sentiong atau Kali Item sesudah melewati Wisma Atlet Kemayoran, Jumat (3/8/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bau Kali Sentiong Kembali Menyengat, Kagama DKI Semprotkan Lagi Mikroba", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/23/19302091/bau-kali-sentiong-kembali-menyengat-kagama-dki-semprotkan-lagi-mikroba. 
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Icha Rastika
Kondisi Kali Sentiong atau Kali Item sesudah melewati Wisma Atlet Kemayoran, Jumat (3/8/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bau Kali Sentiong Kembali Menyengat, Kagama DKI Semprotkan Lagi Mikroba", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/23/19302091/bau-kali-sentiong-kembali-menyengat-kagama-dki-semprotkan-lagi-mikroba. Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Icha Rastika

Bau Kali Sentiong Kembali Menyengat, Kagama DKI Semprotkan Lagi Mikroba

Kondisi Kali Sentiong atau Kali Item sesudah melewati Wisma Atlet Kemayoran, Jumat (3/8/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bau Kali Sentiong Kembali Menyengat, Kagama DKI Semprotkan Lagi Mikroba", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/23/19302091/bau-kali-sentiong-kembali-menyengat-kagama-dki-semprotkan-lagi-mikroba.  Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Icha Rastika
Kondisi Kali Sentiong atau Kali Item sesudah melewati Wisma Atlet Kemayoran, Jumat (3/8/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DKI Jakarta kembali menyemprotkan mikroba di Kali Sentiong yang mengalir di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Kamis (23/8/2018). Ketua Kagama DKI Peduli Lingkungan Sodiq Suhardianto mengatakan, penyemprotan tersebut dilakukan untuk mencegah kemunculan bau tak sedap selama Asian Games 2018. “Menurut pandangan kami, terjadi pasang naik sehingga air sama sekali enggak ngalir lalu ini baunya sudah menyengat lagi. Oleh sebab itu, hari ini kita injeksi mikroba 5.000 liter,” kata Sodiq di Kali Sentiong, Kamis. Baca juga: Dari Rumah Prabowo, Sandiaga Tinjau Kali Item Berdasarkan pengamatan Kompas.com, bau tak sedap muncul di Kali Sentiong, tepatnya di sekktar jembatan dekat Sekolah Jubilee. Selain menimbulkan bau, permukaan air tampak kotor karena limbah cair yang menggenang. Sodiq juga menyampaikan, Kagama DKI menyemprot 7.000 liter mikroba sebelum ini. Ia menyebut, setiap 2.000 mikroba yang disemprot bisa menghadang bau muncul selama 4-5 hari. Oleh karena itu, ia berencana melakukan dua kali penyemprotan lagi sebelum Asian Games 2018 kelar dilaksanakan pada awal September mendatang. “Saya targetkan setelah ini dua kali penyemprotan lagi. Stok yang sudah ada itu masih ada 10.000 liter lagi. Jadi kita masih ada semprotan lagi,” kata dia. Sodiq menyampaikan, mikroba yang disemprot diharapkan dapat mengurai unsur-unsur di dalam sungai yang menyebabkan bau tidak sedap. Sejumlah upaya sebenarnya tekah dilakukan berbagai pihak untuk menghilangkan bau tak sedap dari Kali Sentiong. Baca juga: Makan Tongseng hingga Pisang Demi Buktikan Kali Item Tak lagi Bau… Upaya-upaya itu antara lain pemasangan aerator, nano bubble, hingga waring yang menutupi kali. Bau tak sedap dari kali tersebut dicegah supaya tidak mengganggu kenyamanan atlet yang menginap di Wisma Atlet Kemayoran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bau Kali Sentiong Kembali Menyengat, Kagama DKI Semprotkan Lagi Mikroba”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/23/19302091/bau-kali-sentiong-kembali-menyengat-kagama-dki-semprotkan-lagi-mikroba.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Icha Rastika

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …