Home / Kliping / Anggaran Rumah DP Rp 0 Sekitar Rp 1 Triliun, Anggaran Rusun Dimatikan
20180829_Pertemuan dgn ICLEI ttg ACP (3)

Anggaran Rumah DP Rp 0 Sekitar Rp 1 Triliun, Anggaran Rusun Dimatikan

Suasana rapat banggar Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI 2018 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/8/2018). (KOMPAS.com/JESSI CARINA ) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anggaran Rumah DP Rp 0 Sekitar Rp 1 Triliun, Anggaran Rusun Dimatikan", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/28/20111961/anggaran-rumah-dp-rp-0-sekitar-rp-1-triliun-anggaran-rusun-dimatikan.  Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik
Suasana rapat banggar Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI 2018 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/8/2018). (KOMPAS.com/JESSI CARINA )

JAKARTA, KOMPAS.com – DPRD DKI Jakarta mengkritik tingginya penyertaan modal (PMD) bagi BUMD DKI Jakarta yang akan dianggarkan di APBD Perubahan 2018. Salah satu program yang diajukan BUMD untuk dikerjakan yakni pembangunan rumah DP Rp 0. Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Pantas Nainggolan mengatakan, PMD itu seperti manipulasi. Sebab, salah satu pos anggaran PMD digunakan untuk pembangunan rumah DP Rp 0 yang seharusnya dilakukan SKPD terkait. “Ini sebuah manipulasi, akal-akalan. Karena pemerintah tidak mungkin menjual asetnya maka diberikan ke BUMD-BUMD,” kata Pantas dalam rapat Badan Anggaran bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Selasa (28/8/2018). Baca juga: Pemprov DKI Tarik Pergub Kenaikan Tarif Sewa Rusun PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PD Pembangunan Sarana Jaya meminta anggaran Rp 1 triliun untuk mewujudkan program rumah susun (rusun) DP Rp 0. Jakpro meminta Rp 531 miliar untuk pembangunan tower rusun di Depo LRT Kelapa Gadung dan di Jalan Yos Sudarso. Sebagian rusun yang dibangun juga akan dijual secara komersial. Sarana Jaya mengajukan Rp 355 miliar untuk membeli lahan bagi rusun DP Rp 0. Di sisi lain, anggaran pembangunan tiga rusun lewat APBD 2018 dicoret karena tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Total pembangunan tiga rusun itu Rp 712 miliar. Rincinannya, pembangunan Rusun Jalan Inspeksi BKT di Kelurahan Ujung Menteng sebesar Rp 361 miliar, Rusun PIK Pulogadung sebesar Rp 188 miliar, dan revitalisasi pembangunan Rusun Karang Anyar di Jakarta Pusat sebesar Rp 162 miliar.  Dengan itu, maka Pemprov DKI tidak memiliki rusun baru pada tahun 2018.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Anggaran Rumah DP Rp 0 Sekitar Rp 1 Triliun, Anggaran Rusun Dimatikan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/28/20111961/anggaran-rumah-dp-rp-0-sekitar-rp-1-triliun-anggaran-rusun-dimatikan.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …