Home / Kliping / Pemprov DKI Minta Pengelola Tak Putus Listrik dan Air Penghuni Rusunami yang Tunggak IPL
Warna Warni di Rusunami Benhil 2, Jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018). (KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Minta Pengelola Tak Putus Listrik dan Air Penghuni Rusunami yang Tunggak IPL ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/29/11481951/pemprov-dki-minta-pengelola-tak-putus-listrik-dan-air-penghuni-rusunami. 
Penulis : Nursita Sari
Editor : Kurnia Sari Aziza
Warna Warni di Rusunami Benhil 2, Jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018). (KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Minta Pengelola Tak Putus Listrik dan Air Penghuni Rusunami yang Tunggak IPL ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/29/11481951/pemprov-dki-minta-pengelola-tak-putus-listrik-dan-air-penghuni-rusunami. Penulis : Nursita Sari Editor : Kurnia Sari Aziza

Pemprov DKI Minta Pengelola Tak Putus Listrik dan Air Penghuni Rusunami yang Tunggak IPL

Warna Warni di Rusunami Benhil 2, Jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018). (KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Minta Pengelola Tak Putus Listrik dan Air Penghuni Rusunami yang Tunggak IPL ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/29/11481951/pemprov-dki-minta-pengelola-tak-putus-listrik-dan-air-penghuni-rusunami.  Penulis : Nursita Sari Editor : Kurnia Sari Aziza
Warna Warni di Rusunami Benhil 2, Jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018). (KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta pengelola rumah susun milik ( rusunami) di Jakarta tidak memutus utilitas listrik dan air milik penghuni yang menunggak iuran pengelolaan lingkungan (IPL). Permintaan itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 16/SE/2018 tentang Optimalisasi Pembinaan Pengelolaan Rumah Susun Milik yang ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam surat edaran itu, Pemprov DKI meminta perhimpunan pemilik dan penghuni satuan rumah susun (P3SRS) menyesuaikan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) serta aturan penghunian dengan Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat selaku Ketua Badan Pembina Kebijakan dan Pengendalian Pembangunan Perumahan dan Permuklman Nasional Nomor 06/KPTS/BPK4N/1995 tentang Pedoman Pembuatan Akta Pendirian, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perhimpunan Penghuni. Baca juga: Pemprov DKI Diingatkan Tidak Bikin Rusunami karena Bukan Pengembang AD/ART dan aturan penghunian juga harus memperhatikan ketentuan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. “Terutama menghapus ketentuan pemutusan utilitas listrik dan air yang menjadi sanksi atas keterlambatan/penunggakan pembayaran iuran pengelolaan lingkungan (IPL),” demikian penggalan surat edaran tersebut. Selain itu, Pemprov DKI juga meminta P3SRS memisahkan tagihan atas komponen pembayaran IPL dengan tagihan atas pemakaian utilitas listrik dan air pada unit yang ditagihkan kepada para pemilik atau penghuni. Baca juga: DKI Bangun Rusunawa karena Tak Bisa Bangun Rusunami Pemprov DKI meminta penghapusan sanksi pemutusan listrik dan air serta pemisahan komponen tagihan itu dilaksanakan dalam waktu secepatnya. Jika tidak, Pemprov DKI akan memberikan sanksi kepada P3SRS sesuai dengan perundang-undangan. Banyak keluhan Dilansir dari situs web resmi Pemprov DKI, http://ppid.jakarta.go.id, Pemprov DKI Jakarta menerima banyak keluhan soal adanya konflik antara pengelola dan penghuni rusunami. Permasalahan yang sering muncul yakni perbedaan pendapat tentang rapat umum tahunan (RUTA) yang tidak partisipatif terhadap pemilik dan penghuni rusun, salah satunya pilihan waktu penyelenggaraan RUTA pada jam kerja dan bukan di lingkungan rusun. Padahal, keputusan penting kerap diputuskan di RUTA, seperti tarif IPL atau service charge.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemprov DKI Minta Pengelola Tak Putus Listrik dan Air Penghuni Rusunami yang Tunggak IPL “, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/29/11481951/pemprov-dki-minta-pengelola-tak-putus-listrik-dan-air-penghuni-rusunami.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Ilustrasi

Kemarau Panjang, Jakarta Utara Tak Diguyur Hujan Selama 60 Hari

Bisnis.com, JAKARTA–Warga Jakarta diminta bersiap untuk menghadapi puncak musim kemarau panjang dalam beberapa hari ke …