Home / Kliping / Pemkot Bekasi Akan Segel Pabrik yang Buang Limbah Sembarangan ke Kali
Tampak Kali Bekasi di Jalan M. Hasibuan, Bekasi Timur tertutup buih, Senin (3/9/2018).(KOMPAS.com/ DEAN PAHREVI)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Bekasi Akan Segel Pabrik yang Buang Limbah Sembarangan ke Kali", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/04/13111091/pemkot-bekasi-akan-segel-pabrik-yang-buang-limbah-sembarangan-ke-kali. 
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Robertus Belarminus
Tampak Kali Bekasi di Jalan M. Hasibuan, Bekasi Timur tertutup buih, Senin (3/9/2018).(KOMPAS.com/ DEAN PAHREVI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Bekasi Akan Segel Pabrik yang Buang Limbah Sembarangan ke Kali", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/04/13111091/pemkot-bekasi-akan-segel-pabrik-yang-buang-limbah-sembarangan-ke-kali. Penulis : Dean Pahrevi Editor : Robertus Belarminus

Pemkot Bekasi Akan Segel Pabrik yang Buang Limbah Sembarangan ke Kali

Tampak Kali Bekasi di Jalan M. Hasibuan, Bekasi Timur tertutup buih, Senin (3/9/2018).(KOMPAS.com/ DEAN PAHREVI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Bekasi Akan Segel Pabrik yang Buang Limbah Sembarangan ke Kali", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/04/13111091/pemkot-bekasi-akan-segel-pabrik-yang-buang-limbah-sembarangan-ke-kali.  Penulis : Dean Pahrevi Editor : Robertus Belarminus
Tampak Kali Bekasi di Jalan M. Hasibuan, Bekasi Timur tertutup buih, Senin (3/9/2018).(KOMPAS.com/ DEAN PAHREVI)

BEKASI, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Bekasi mengancam bakal menyegel perusahaan yang membuang limbah sembarangan ke kali di Bekasi, sebelum diolah terlebih dahulu. “Ketika ada perusahaan yang coba-coba main buang limbah, kita tidak segan-segan untuk menyegel perusahaan itu. Terbukti sudah empat perusahaan yang kami segel,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi, kepada Kompas.com, Selasa (4/9/2018). Penyegelan empat perusahaan karena membuang limbah sembarangan itu dilakukan dalam dua tahun terakhir. Baca juga: Buih di Kali Bekasi karena Limbah Pabrik “Tahun kemarin 2, tahun ini 2 perusahaan yang disegel. Kalau misalkan sudah diindikasi perusahaan itu betul-betul yang membuang limbah, saya akan segel dan saya informasi ke masyarakat,” ujar dia. Luthfi mengungkapkan, kondisi kali di Bekasi memang sudah tidak baik, seperti kejadian munculnya buih di Kali Bekasi Senin (3/9/2018) kemarin. Buih tersebut berasal dari sedimentasi yang bersumber dari limbah domestik, yang ketika curah hujan tinggi membuat air kali menjadi berbuih. “Bisa saja memanfaatkan curah hujan yang tinggi dia (Perusahaan) gelontorkan (limbah), dia by pass, ketika dia by pass dianggapnya bercampur dan tidak terlihat. Perilaku untuk melakukan dorongan itu ada karena pengolahan limbah itu mahal,” ujar dia. Baca juga: Pemkot Bekasi Bentuk Pasukan Katak untuk Telusuri Perusahaan yang Buang Limbah ke Kali Pabrik- pabrik di Kota Bekasi pun sebenarnya diperbolehkan membuang limbahnya ke Kali Bekasi, asalkan limbah tersebut sudah diolah menjadi aman oleh perusahaan tersebut. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi sudah menurunkan sebanyak 30 petugas untuk memantau perusahaan-perusahaan yang membuang limbah ke kali di Bekasi. Pemantauan dilakukan dengan mengecek pembuangan limbah di pabrik-pabrik di Kota Bekasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemkot Bekasi Akan Segel Pabrik yang Buang Limbah Sembarangan ke Kali”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/04/13111091/pemkot-bekasi-akan-segel-pabrik-yang-buang-limbah-sembarangan-ke-kali.
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Robertus Belarminus

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …