Home / Kegiatan / Rapat Koordinasi terkait Penerapan Atap Surya dan Konservasi Energi pada Sekolah di DKI Jakarta
IIEE1

Rapat Koordinasi terkait Penerapan Atap Surya dan Konservasi Energi pada Sekolah di DKI Jakarta

IIEE2 IIEE1

Jakarta, 5 September 2018. Sebagai tindak lanjut dari Rapat Pleno Bangunan Gedung Hijau bulan Agustus 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2018 lalu oleh Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup. Salah satu hasil rapat pleno tersebut adalah, akan dibahas lebih detail terkait penerapan Atap Surya pada Bangunan Gedung Sekolah di DKI Jakarta dan Upaya Konservasi Energi pada Sekolah-sekolah tersebut.

Rapat kali ini dipimpin oleh Asisten Deputi bidang Tata Ruang dengan dihadiri oleh: Unsur dari Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian dan Energi , Dinas Lingkungan Hidup, Indonesia Institute for Energy Economic (IIEE) dan konsultan Managemen Konstruksi.

IIEE merupakan organisasi nirlaba dan non-pemerintah yang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan studi ekonomi energi, serta memotivasi dan mendukung kebijakan-kebijakan nasional tentang pengembangan baik kebijakan maupun pemanfaatan sumber daya energi di Indonesia. Salah satu program IIEE adalah Program Peningkatan Kesadaran Efisiensi Energi dan Konservasi Energi di Sektor Pendidikan dan Lomba Konservasi Energi melalui kopetensi pemilihan Duta Hemat Energi kepada guru sekolah.

Program Duta Energi mendukung target pemerintah dalam energi terbarukan, konservasi energi, dan kebijakan Bangunan Gedung Hijau di DKI Jakarta. Pemprov.DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan tahun ini memiliki rencana untuk menerapkan implementasi atap surya pada 6 sekolah di DKI Jakarta sebagai proyek percontohan. Program dari IIEE untuk melatih para Guru dan Siswa/i Sekolah sebagai Duta Hemat Energi disambut baik, karena selaras dengan target dari Dinas Pendidikan dan Dinas PE.

Kedepannya, Pemprov.DKI Jakarta akan mulai gencar menerapkan Implementasi Atap Surya pada Bangunan Gedung Sekolah untuk mencapai Komitmen 30:30 untuk mendorong dan mewujudkan penghematan energi listrik, air dan reduksi emisi GRK masing-masing 30% pada tahun 2030 melalui implementasi Bangunan Gedung Hijau di Jakarta.

 

Check Also

Rapat Persiapan Penyusunan Desain Besar Polusi Udara

Jakarta, 10 September 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menyelenggarakan pertemuan di …