Home / Kliping / Melihat Bank Sampah dan Posko Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara
Bank sampah dan posko daur ulang RT 03 RW 09, Kelurahan Cipete Utara Jaksel, Rabu (5/9/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI )

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melihat Bank Sampah dan Posko Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/05/20375481/melihat-bank-sampah-dan-posko-daur-ulang-di-kelurahan-cipete-utara. 
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Kurnia Sari Aziza
Bank sampah dan posko daur ulang RT 03 RW 09, Kelurahan Cipete Utara Jaksel, Rabu (5/9/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI ) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melihat Bank Sampah dan Posko Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/05/20375481/melihat-bank-sampah-dan-posko-daur-ulang-di-kelurahan-cipete-utara. Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Kurnia Sari Aziza

Melihat Bank Sampah dan Posko Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara

Bank sampah dan posko daur ulang RT 03 RW 09, Kelurahan Cipete Utara Jaksel, Rabu (5/9/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI ) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melihat Bank Sampah dan Posko Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/05/20375481/melihat-bank-sampah-dan-posko-daur-ulang-di-kelurahan-cipete-utara.  Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Kurnia Sari Aziza
Bank sampah dan posko daur ulang RT 03 RW 09, Kelurahan Cipete Utara Jaksel, Rabu (5/9/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI )

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah gang kecil di Jalan Haji Naim 3, RT 003/RW 009, Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, bukanlah gang biasa. RT yang memiliki ciri khas keseluruhan rumahnya berwarna biru ini menjadi salah satu pusat bank sampah di Kelurahan Cipete Utara.  Ketua RT 003 Susilo mengatakan, warga di sana biasanya mengumpulkan sampahnya masing-masing, terutama yang berbentuk botol, kertas, kardus. Baca juga: Sampah Kini Bisa Jadi Uang di Bank Sampah Cipete Utara Kemudian, sampah-sampah itu ditimbang setiap hari Minggu pada 2-3 pekan sekali.  Terdapat sebuah posko yang didirikan menggunakan tenda dengan spanduk bertuliskan “Warung Daur Ulang dan Kampung Biru RW 09”. Posko ini juga dijadikan pusat penimbangan sampah.   Baca juga: Belum Setahun, Omzet Bank Sampah Jakbar Capai Rp 2 Miliar Sistemnya, sampah-sampah tersebut dikumpulkan, kemudian ditimbang oleh tim yang dibentuk kelurahan. Selanjutnya tim akan mencatat total sampah untuk diangkut dan dibawa ke pengepul.  “(Sampah) dikumpulin terus kami timbang, setelah itu dijual ke pengepul yang kebetulan warga sini juga. Ada juga daur ulang oleh ibu PKK RT sini,” ujar Susilo ketika ditemui, Rabu (5//9/2018).

 

Warga RT 03 RW 09, Kelurahn Cipete Utara, Jaksel, saat penimbangan di bank sampah, Minggu (2/8/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI ) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melihat Bank Sampah dan Posko Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/05/20375481/melihat-bank-sampah-dan-posko-daur-ulang-di-kelurahan-cipete-utara.  Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Kurnia Sari Aziza
Warga RT 03 RW 09, Kelurahn Cipete Utara, Jaksel, saat penimbangan di bank sampah, Minggu (2/8/2018)(KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI )

Selain warga RT 003, banyak warga di luar RT tersebut yang turut menginvestasikan sampahnya. Dalam 2 minggu biasanya bank sampah berhasil mengumpulkan 250 hingga 300 kilogram sampah. Pada Minggu (2/9/2018), bank sampah ini berhasil mengumpulkan 1,6 ton sampah. Baca juga: Mengambil Manfaat Dari Bank Sampah “Minggu lalu itu dapat sekitar 1 ton (sampah), itu rekor terbanyak, itu juga kebantu dari warga RT lain yang ikut di sini,” katanya.  Susilo menuturkan, bank sampah mampu mengurangi pencemaran terhadap lingkungan dan mengajarkan warganya untuk lebih peduli sekaligus bisa mendapatkan keuntungan. “Karena program ini kan mencontohkan kepedulian terhadap masyarakat. Orang biasanya minum buang, jadi lebih baik ngumpulin terus dimasukkan ke bank sampah. Warga jadi lebih peduli,” ujar Susilo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Melihat Bank Sampah dan Posko Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/05/20375481/melihat-bank-sampah-dan-posko-daur-ulang-di-kelurahan-cipete-utara.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …