Home / Kliping / “Clean Air Studio”, Ruangan Bebas Polusi Udara di Jakarta
pihak Greenpeace berinisiatif memasang Clean Air Studio yakni sebuah ruangan yang disetting lebih bersih udaranya dibandingkan udara di luar ruangan. Rabu (12/9/2018).(Instagram/greenpeaceid)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Clean Air Studio", Ruangan Bebas Polusi Udara di Jakarta", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/12/19415071/clean-air-studio-ruangan-bebas-polusi-udara-di-jakarta. 
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Bayu Galih
pihak Greenpeace berinisiatif memasang Clean Air Studio yakni sebuah ruangan yang disetting lebih bersih udaranya dibandingkan udara di luar ruangan. Rabu (12/9/2018).(Instagram/greenpeaceid) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Clean Air Studio", Ruangan Bebas Polusi Udara di Jakarta", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/12/19415071/clean-air-studio-ruangan-bebas-polusi-udara-di-jakarta. Penulis : Retia Kartika Dewi Editor : Bayu Galih

“Clean Air Studio”, Ruangan Bebas Polusi Udara di Jakarta

pihak Greenpeace berinisiatif memasang Clean Air Studio yakni sebuah ruangan yang disetting lebih bersih udaranya dibandingkan udara di luar ruangan. Rabu (12/9/2018).(Instagram/greenpeaceid) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Clean Air Studio", Ruangan Bebas Polusi Udara di Jakarta", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/12/19415071/clean-air-studio-ruangan-bebas-polusi-udara-di-jakarta.  Penulis : Retia Kartika Dewi Editor : Bayu Galih
pihak Greenpeace berinisiatif memasang Clean Air Studio yakni sebuah ruangan yang disetting lebih bersih udaranya dibandingkan udara di luar ruangan. Rabu (12/9/2018).(Instagram/greenpeaceid)

JAKARTA, KOMPAS.com – Padatnya kendaraan bermotor dan aktivitas industri di kota satelit membuat Jakarta menjadi kota berpolusi udara cukup tinggi. Menanggapi ini, Greenpeace Indonesia pun berinisiatif memasang Clean Air Studio. Dilansir dari akun Intagram Greenpeace Indonesia, @greenpeaceid, Clean Air Studio merupakan ruangan yang di-setting lebih bersih udaranya dibandingkan udara di luar ruangan. Clean Air Studio ini terdapat di Pasar Festival, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan. “Pemasangan Clean Air Studio sudah terlaksana sejak 3 September 2018 dan dapat dinikmati hingga 30 September 2018,” ujar Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia, Bondan Andriyanu, saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (12/9/2018).

Menurut Bondan, masyarakat Jakarta butuh tambahan dana besar untuk mendapatkan udara bersih. Dia menilai, tidak mungkin masyarakat Jakarta beradaptasi dengan mengeluarkan dana tambahan untuk mendapatkan udara bersih. Sementara itu, pemasangan Clean Air Studio ini bertujuan untuk mengampanyekan pentingnya melakukan upaya pengendalian terhadap sumber-sumber polutan. “Saatnya mengendalikan sumber polutan,” ujar Bondan. Tak hanya itu, Clean Air Studio juga dilengkapi dengan fasilitas ruangan 3 meter x 2 meter, air purifier, air conditioner, dan beberapa bangku santai yang didesain serupa dengan ruangan santai di rumah. Kemudian, untuk menikmati kesegaran udara dalam Clean Air Studio masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Sayangnya, saat ini pihak Greenpeace hanya memasang 1 unit saja. “Rencananya kami akan coba hingga akhir bulan September dulu dengan berpindah ke beberapa tempat lain di Jakarta,” ujar Bondan.

Sementara, Juru Kampanye Media Greenpeace Indonesia, Rahma Shofiana mengatakan, pihak Greenpeace Indonesia juga ingin dorong ke pemerintah tentang kualitas udara di Jakarta regulasinya masih sangat lemah dibandingkan standar WHO. “Pemerintah belum memasukan PM 2,5 sebagai partikel polutan, parameter untuk menghitung kualitas udara. Padahal PM 2,5 adalah polutan yang paling berbahaya untuk kesehatan, dimasukan dalam kategori karsinogenik golongan 1 oleh WHO,” ujar Rahma.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “”Clean Air Studio”, Ruangan Bebas Polusi Udara di Jakarta”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/12/19415071/clean-air-studio-ruangan-bebas-polusi-udara-di-jakarta.
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Bayu Galih

Check Also

Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-06-2018 *** Local Caption *** Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-6-2018(KOMPAS/AGUS SUSANTO)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/18/14160901/pemprov-dki-bagikan-karung-agar-warga-tak-buang-sampah-ke-kali. 
Penulis : Nursita Sari
Editor : Andri Donnal Putera

Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga untuk tidak …