Home / Kliping / Pengamat : Penataan Kalimalang Harus Jadi Program Jangka Panjang agar Tak Terkesan Pencitraan
pengamat penataan kalimalang

Pengamat : Penataan Kalimalang Harus Jadi Program Jangka Panjang agar Tak Terkesan Pencitraan

pengamat penataan kalimalang

BEKASI, KOMPAS.com – Pengamat perkotaan Ali Anwar mengatakan rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil percantik Kalimalang, Kota Bekasi harus dijadikan program jangka panjang. “Harus di prioritaskan juga program jangka panjang seperti perawatan Kalimalang,” kata Penulis Buku “Revolusi Bekasi” itu kepada Kompas.com, Minggu (16/9/2018). Menurut Ali, pemerintah harus menyiapkan anggaran rutin untuk mendukung program percantik Kalimalang sebagaimana yang dicanangkan Ridwan Kamil. “Harus disiapkan anggaran rutin untuk perawatan bantaran kalimalang yang akan dipercantik, karena kalau tidak itu hanya jadi program jangka pendek yang terlihat jadi pencitraan,” ujar Ali yang dikenal sebagai Sejarawan Bekasi. Program jangka panjang yang dimaksud Ali ialah harus ada pengawasan terhadap bantaran kali yang sudah dipercantik nantinya, sebab jika bantaran kali sudah bagus akan menjadi titik kumpul massa yang berpotensi membuat kali menjadi kotor karena sampah. “Air kalimalang itu kan jadi bahan baku air minum jadi harus terjaga kebersihannya, kalau nanti jadi bagus kan artinta jadi titik kumpul massa nah itu harus diawasi agar kali tetap terjaga dari limbah,” ucap Ali. Ali pun mendukung rencana Ridwan Kamil untuk memperindah wajah Kalimalang. “Bersolek penting karena berkaitan dengan estetika dan seni yang membuat hati warga Bekasi bahagia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memposting foto di akun Instagram pribadinya pada Rabu (12/9/2018). Foto tersebut berupa lokasi Kalimalang yang di revitalisasi disandingkan dengan sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. “Warga Kota Bekasi tercinta, sudah dimulai desain dan perencanaan, revitalisasi Kalimalang. Semoga bisa sekeren sungai Cheonggyecheon di Seoul. Dikawal warga teladan kang @kangmalik_,” tulis Mantan Walikota Bandung itu dalam postingan di akun instagramnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengamat : Penataan Kalimalang Harus Jadi Program Jangka Panjang agar Tak Terkesan Pencitraan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/16/19070671/pengamat-penataan-kalimalang-harus-jadi-program-jangka-panjang-agar-tak.
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Check Also

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019)(KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa rencana pemindahan ibu kota dari …