Home / Kliping / Warga Lantai Dasar Rusun Muara Baru Tunggu Kepastian Pindah
Suasana Lantai Dasr Rusun Marunda yang menjadi tempat tinggal sementara bagi ratusan warga, Sabtu (15/9/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga Lantai Dasar Rusun Muara Baru Tunggu Kepastian Pindah", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/15/19133401/warga-lantai-dasar-rusun-muara-baru-tunggu-kepastian-pindah. 
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Dian Maharani
Suasana Lantai Dasr Rusun Marunda yang menjadi tempat tinggal sementara bagi ratusan warga, Sabtu (15/9/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga Lantai Dasar Rusun Muara Baru Tunggu Kepastian Pindah", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/15/19133401/warga-lantai-dasar-rusun-muara-baru-tunggu-kepastian-pindah. Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Dian Maharani

Warga Lantai Dasar Rusun Muara Baru Tunggu Kepastian Pindah

Suasana Lantai Dasr Rusun Marunda yang menjadi tempat tinggal sementara bagi ratusan warga, Sabtu (15/9/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga Lantai Dasar Rusun Muara Baru Tunggu Kepastian Pindah", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/15/19133401/warga-lantai-dasar-rusun-muara-baru-tunggu-kepastian-pindah.  Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Dian Maharani
Suasana Lantai Dasr Rusun Marunda yang menjadi tempat tinggal sementara bagi ratusan warga, Sabtu (15/9/2018).(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com- Ratusan warga yang tinggal di Lantai Dasar Rumah Susun Muara Baru masih menunggu kepastian terkait janji relokasi ke lantai atas rusun. Sejumlah warga yang ditemui Kompas.com pada Sabtu (15/9/2018) menyatakan, mereka sudah tinggal dua tahun di lantai dasar meski tempat tersebut dinyatakan sebagai hunian sementara. “Belum, enggak ada kabar kalau bakal dipindahin. Saya sih penginnya segera dipindah ke atas, tapi mau ke mana? Sudah penuh semua,” kata Sukirah, warga Blok 7 Rusun Muara Baru. Sukira membenarkan bahwa warga yang tinggal di lantai dasar akan dipindahkan apabila unit di lantai atas yang kosong atau unit yang baru dibangun. Baca juga: Taufik: Lantai Dasar Rusun Muara Baru Tak Layak, 1 Ruangan Dibelah 2 Kasiro, warga lainnya, terpaksa hidup tanpa kepastian yang sama selama dua tahun terakhir. Ia terpaksa tinggal di lantai dasar karena enggan pindah ke rusun yang lebih jauh. “Saya aslinya ditempatin di Rusun Marunda tapi saya enggak mau, jauh soalnya. Akhirnya yaudah ditempatin di sini tapi ini belom jelas mau dipindah lagi atau enggak,” kata Kasiro. Kasiro mengaku kurang nyaman tinggal di hunian sementara itu. Sebab, ukurannya terbilang lebih kecil dari unit seharusnya pun tidak dilengkapi dengan kamar mandi. “Saya kalau mau buang air harus lari dulu ke WC umum yang ada di kebun. Kalau di atas kan enak sudah komplit kamar mandinya,” ujar dia. Warga lain bernama Jurita mengamini pernyataan Kasiro dan Sukirah. Ia berharap pihaknya mendapat kepastian akan sampai kapan ia mesti tinggal di sana. “Katanya mah sementara, katanya. Kalau janjinya sih enggak tahu mau tahun kapan dipindahnya, enggak dikasih kabar,” kata Jurita yang bekerja sebagai kuli di pelelangan ikan. Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti menyampaikan, pihaknya sudah menawarkan kepada warga yang tinggal di lantai dasar Rusun Muara Baru pindah ke rusun lain yang siap huni. “Untuk warga yang ditempatkan di lantai dasar Muara Baru, memang sudah berulang kami sosialisasikan, kami tawarkan untuk direlokasi ke rusun lain, sementara menunggu pembangunan (rusun baru),” ujar Meli dalam rapat bersama DPRD DKI Jakarta, Jumat (14/9/2018) kemarin.

Karena warga tidak mau pindah ke rusun lain, lanjut Meli, unit pengelola rumah susun (UPRS) di Muara Baru hanya merelokasi warga ke unit hunian di lantai atas apabila ada unit yang kosong. Kalau ada unit di atasnya itu yang terkena penertiban, yang dikosongkan, itu diprioritaskan untuk ditempatkan. Jadi, secara berkala setiap ada 1 unit, 2 unit, itu langsung ditempatkan di atasnya,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Warga Lantai Dasar Rusun Muara Baru Tunggu Kepastian Pindah”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/15/19133401/warga-lantai-dasar-rusun-muara-baru-tunggu-kepastian-pindah.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Dian Maharani

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …