Home / Kliping / Gang Kelinci Kini yang Jauh dari Kesan Kumuh…
Gang Kelinci karya Lilis Suryani diambil dari nama gang di Jalan Kelinci IV yang berlokasi di Kompleks Pasar Baru. Foto diambil Selasa (18/9/2018).(KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gang Kelinci Kini yang Jauh dari Kesan Kumuh...", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/05250001/gang-kelinci-kini-yang-jauh-dari-kesan-kumuh-. 
Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Kurnia Sari Aziza
Gang Kelinci karya Lilis Suryani diambil dari nama gang di Jalan Kelinci IV yang berlokasi di Kompleks Pasar Baru. Foto diambil Selasa (18/9/2018).(KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gang Kelinci Kini yang Jauh dari Kesan Kumuh...", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/05250001/gang-kelinci-kini-yang-jauh-dari-kesan-kumuh-. Penulis : Rindi Nuris Velarosdela Editor : Kurnia Sari Aziza

Gang Kelinci Kini yang Jauh dari Kesan Kumuh…

Gang Kelinci karya Lilis Suryani diambil dari nama gang di Jalan Kelinci IV yang berlokasi di Kompleks Pasar Baru. Foto diambil Selasa (18/9/2018).(KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gang Kelinci Kini yang Jauh dari Kesan Kumuh...", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/05250001/gang-kelinci-kini-yang-jauh-dari-kesan-kumuh-.  Penulis : Rindi Nuris Velarosdela Editor : Kurnia Sari Aziza
Gang Kelinci karya Lilis Suryani diambil dari nama gang di Jalan Kelinci IV yang berlokasi di Kompleks Pasar Baru. Foto diambil Selasa (18/9/2018).(KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

JAKARTA, KOMPAS.com – “Jakarta kota ku indah dan megah, di situlah aku dilahirkan. Rumahku di salah satu gang. Namanya Gang Kelinci. Entah apa sampai namanya kelinci. Mungkin dulu kerajaan kelinci. Karena manusia bertambah banyak. Kasihan kelinci terdesak. Sekarang rumahnya berjubel. Oh…padat penghuninya. Anak-anak segudang. Grudak… gruduk… Kayak kelinci,”.  Anda yang lahir di era 1970-1980 an pasti sudah tidak asing lagi dengan penggalan lirik lagu di atas? Ya itu adalah lirik lagu “Gang Kelinci” yang dinyanyikan penyanyi legendaris Lilis Suryani.  Baca juga: Blusukan ke Gang Kelinci, Padat dan Memesona… Gang Kelinci dalam lagu itu digambarkan sebagai sebuah perkampungan padat penduduk.  Saking padatnya, anak-anak yang digambarkan dengan kelinci sampai harus terdesak dengan penghuni dan rumah.  Nah, Selasa (18/9/2018), Kompas.com mencoba mencari Gang Kelinci seperti yang digambarkan dalam lagu Lilis Suryani. Gang Kelinci ternyata diambil dari nama gang di salah satu Jalan Kelinci, di Kompleks Pasar Baru, Jakarta Pusat. Terdapat enam Jalan Kelinci di sana, yakni Jalan Kelinci Raya, Jalan Kelinci Dalam, Jalan Kelinci I, Jalan Kelinci II, Jalan Kelinci III, dan Jalan Kelinci IV.  Untuk mencapai Gang Kelinci, Kompas.com melalui permukiman penduduk yang telah dibangun pesat. Di sepanjang jalan banyak ditemui penjual bakmi seperti Bakmi Aboen dan Bakmi Gang Kelinci yang selalu ramai pembeli.

Kawasan sekitar Gang Kelinci, Pasar Baru.(Kompas.com/Silvita Agmasari) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gang Kelinci Kini yang Jauh dari Kesan Kumuh...", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/05250001/gang-kelinci-kini-yang-jauh-dari-kesan-kumuh-.  Penulis : Rindi Nuris Velarosdela Editor : Kurnia Sari Aziza
Kawasan sekitar Gang Kelinci, Pasar Baru.(Kompas.com/Silvita Agmasari)

Penggambaran sebuah gang yang seharusnya jalan setapak dan bisa dilalui satu kendaraan bermotor juga sudah berubah. Jalanannya kini telah beraspal dan tampak bersih serta asri. Ruas jalan tersebut bisa dilalui mobil dan motor.

Pemilik Bakmi Pangsit Ayam Soen Yoe, Heryawan mengatakan, Lilis Suryani dulunya menghabiskan masa kecil di Jalan Kelinci IV, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. “Kalau Lilis dulu tinggalnya di Jalan Kelinci IV. Makanya dia menyanyikan lagu Gang Kelinci, menggambarkan kehidupannya di sini dulu,” kata Heryawan kepada Kompas.com, Selasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gang Kelinci Kini yang Jauh dari Kesan Kumuh…”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/05250001/gang-kelinci-kini-yang-jauh-dari-kesan-kumuh-.
Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Kurnia Sari Aziza

Check Also

Petugas PPSU mengangkat limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan oleh warga di Kali Ancol(JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Petugas PPSU Angkat Limbah Hewan Kurban yang Dibuang ke Kali Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Limbah hewan kurban ditemukan terapung di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada …