Home / Kliping / Jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon, DKI Konsultasi ke KSP
Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon, DKI Konsultasi ke KSP", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/14255511/jadikan-ciliwung-seperti-cheonggyecheon-dki-konsultasi-ke-ksp. 
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik
Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon, DKI Konsultasi ke KSP", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/14255511/jadikan-ciliwung-seperti-cheonggyecheon-dki-konsultasi-ke-ksp. Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik

Jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon, DKI Konsultasi ke KSP

Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon, DKI Konsultasi ke KSP", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/14255511/jadikan-ciliwung-seperti-cheonggyecheon-dki-konsultasi-ke-ksp.  Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik
Sungai Ciliwung di Kawasan Bukit Duri, Jakarta yang sebagian bantarannya sudah dinormalisasi, Jumat (18/8/2017). Di sepanjang bantaran yang sudah dinormalisasi juga dibangun jalan inspeksi.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

JAKARTA, KOMPAS.com  — Kantor Staf Presiden (KSP) mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merestorasi Sungai Ciliwung. Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Pemerintah Kota Jakarta Selatan Bambang Eko Prabowo mengatakan, Sungai Ciliwung bersama Sungai Citarum menjadi dua sungai yang penataannya diprioritaskan pemerintah pusat. Presiden Joko Widodo belum lama ini menyampaikan keinginannya menjadikan Sungai Ciliwung seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. “Kami sudah konsul dengan KSP, kami sampaikan kalau DKI diberikan kewajiban seperti itu (merestorasi Ciliwung) mungkin akan lama, jadi bagaimana caranya kemarin dikasih jalan sama orang deputi,” kata Bambang di Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018). Baca juga: Pemerintah Harap Korea Selatan Bantu Revitalisasi Kali Ciliwung Bambang mengungkapkan, rencana merestorasi Sungai Ciliwung tak mudah. Sebab, Ciliwung yang membentang dari hulunya di Jawa Barat hingga ke hilirnya di DKI menjadi tanggung jawab banyak pihak. DKI sendiri bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendapat tanggung jawab melakukan normalisasi Ciliwung dari jembatan Jalan TB Simatupang hingga Pintu Air Manggarai. “Sekarang ini katanya beda-beda, katanya (tugas) DKI. Tapi yang punya anggaran Kementerian Lingkungan Hidup,” ujar Bambang. Menurut Bambang, saat ini tim Gubernur DKI Jakarta tengah membuat konsep restorasi Ciliwung. Perenacanaan itu akan dikonsultasikan dengan KSP.

Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-06-2018 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon, DKI Konsultasi ke KSP", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/14255511/jadikan-ciliwung-seperti-cheonggyecheon-dki-konsultasi-ke-ksp.  Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Egidius Patnistik
Foto udara hunian warga disekitar bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera memulai lagi normalisasi sungai. KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS) 26-06-2018

Presiden Joko Widodo berencana meminta “resep” bagaimana menyulap sungai menjadi bersih dan indah kepada Wali Kota Seoul Park Won-soon. Hal itu diungkapkan Jokowi saat menyusuri Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan, bersama Wali Kota Park. Jokowi terkesima dengan kebersihan sungai tersebut sehingga ia pun berharap “resep” itu dapat diterapkan untuk Sungai Ciliwung di Jakarta. “Sungai Cheonggyecheon ini sebuah inspirasi yang sangat bagus kalau Sungai Ciliwung bisa bersih, dan itu bisa,” kata Jokowi melalui siaran pers pada 11 September 2018. Baca juga: Cara Mewujudkan Keinginan Jokowi, Ciliwung Jadi seperti Cheonggyecheon “Tahun 2003 sungainya juga sama (seperti Ciliwung) dan dengan waktu 2 tahun 3 bulan sangat bersih sekali seperti zaman dahulu kala. Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta,” tambah Jokowi.

Wali Kota Park mengatakan siap membantu Jokowi, yang telah didapuk sebagai warga kehormatan Seoul. Gelar tersebut diberikan Park pada 2017. Jakarta dan Seoul merupakan sister city.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon, DKI Konsultasi ke KSP”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/19/14255511/jadikan-ciliwung-seperti-cheonggyecheon-dki-konsultasi-ke-ksp.
Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik

Check Also

Permukiman padat di Bidaracina, di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (27/8/2015). Bidaracina merupakan kawasan yang akan digusur terkait proyek normalisasi dan sodetan Kali Ciliwung.(KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES)

Proyek Sodetan Ciliwung Dimulai, Ini Proses Ganti Rugi terhadap Warga Bidara Cina

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan …