Home / Kegiatan / Audiensi dengan Komunitas Peduli Ciliwung

Audiensi dengan Komunitas Peduli Ciliwung

WhatsApp Image 2018-09-24 at 8.20.22 AM (2) WhatsApp Image 2018-09-24 at 8.20.22 AM WhatsApp Image 2018-09-24 at 8.20.23 AM

Jakarta, 21 September 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menyelenggarakan audiensi dengan komunitas Peduli Ciliwung terkait perayaan hari sungai Ciliwung di Jepang. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan dihadiri oleh 22 peserta rapat yang terdiri dari para pemenagku kepentingan terkait, yaitu: unsur dari Pemerintahan Pusat (Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementrian PUPR) unsur dari Pemerintah Daerah Prov DKI Jakarta (Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air, Anggota DPRD Komisi B); Lembaga Non Pemerintah (Komunitas Peduli Ciliwung terdiri dari (KPC Lenteng Agung, KPC Bogor, KPC Depok, KPC Jakarta),  GCB (Gerakan Ciliwung Bersih), JOC (Jakarta Osoji Club) ) dan Mahasiswa Kerja Praktek TRLH ( jurusan PWK Universitas Pakuan).

Pertemuan ini digelar oleh Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup untuk mendiskusikan persiapan keberangkatan komunitas pecinta ciliwung terkait perayaan hari sungai Ciliwung di Jepang dan  tindaklanjut dari Kerjasama yang sudah berjalan antara relawan sungai Ciliwung dan Sungai Gawa di jepang

Ada beberapa hal penting yang dibahas pada audiensi ini, diantaranya:

  1. Perwakilan dari setiap KPC menyampaikan kondisi eksisting dari sungai Ciliwung, saat hujan dan saat kemarau. Kondisi sungai Ciliwung yang sangat memprihatinkan. Apabila sungai ini dapat dimanfaatkan dengan baik, akan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar sempadan sungai Ciliwung.
  2. Ada beberapa kegiatan yang sering dilakukan Komunitas Pecinta Ciliwung di antaranya kegiatan bersih-bersih sampah di sungai Ciliwung, dan melakukan upacara bendera untuk memperingati hari-hari besar seperti Hari Kemerdekaan Indonesia.
  3. Menurut perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, bahwa salah satu yang menyebabkan permasalahan di sungai Ciliwung sulit di atasi karena, kebiasaan buruk masyarakat yang tinggal di sekitar sungai yang menganggap sungai sebagai tempat buangan. Oleh karena itu salah satu yang perlu di benahi adalah jiwa cinta terhadap lingkungan sekitar
  4. JOC (Jakarta Osoji Club) adalah komunitas peduli lingkungan yang didirikan oleh para veteran Jepang yang menetap di Jakarta. JOC menjalin kerjasama dengan Komunitas Sungai Gawa di Jepang dan bertindak sebagai penghubung antara Komunitas Peduli Ciliwung dengan Komunitas Sungai Gawa di Jepang.
  5. GCB (gerakan Ciliwung Bersih) telah bekerjasama dengan 10 Negara, dengan salah satu programnya yaitu pelatihan untuk komunitas
  6. Perwakilan dari DPRD DKI Jakarta Komisi B mengatakan sangat mendukung kegiatan yang akan di lakukan oleh para KPC karenan dianggap sebagai ajang untuk bertukar pikiran dan bisa berbagi pengalaman sesame komunitas.
  7. DepGub TRLH juga sangat mendukung kegiatan yang akan berlangsung di Jepang, namun memberikan saran adabaiknya jika Komunitas Pecinta Ciliwung yang akan berangkat dapat membawa sekaligus menawarkan program-program kerjasama yang dapat dibuat dalam bentuk proposal.

Hasil dari audiensi ini akan di tindaklanjut dengan diadakannya rapat lanjutan dengan agenda masing-masing komunitas membuat usulan terkait program-program kerjasama yang dipersiapkan untuk  ke Jepang dalam memperingati hari sungai Ciliwung dan tindaklanjut dari kerjasama yang sudah berjalan antara relawan sungai Ciliwung dan sungai Gawa di Jepang.

Check Also

WhatsApp Image 2018-11-15 at 10.41.39 (1)

Rapat Persiapan Ambitious City Promises CiBiX City-Business Collaboration Ideator

Jakarta, 15 November 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menjalankan pertemuan dengan …