Home / Kliping / BMKG Ingatkan Pemrov DKI untuk Antisipasi Banjir
Pekerja menyelesaikan proyek normalisasi Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Selasa (26/9/2017). Proyek normalisasi bantaran Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri memasuki tahap pemasangan dinding turap untuk menguatkan bantaran agar tidak longsor sekaligus sebagai salah satu antisipasi banjir.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG Ingatkan Pemrov DKI untuk Antisipasi Banjir", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/21/15535881/bmkg-ingatkan-pemrov-dki-untuk-antisipasi-banjir. 
Penulis : Sherly Puspita
Editor : Ana Shofiana Syatiri
Pekerja menyelesaikan proyek normalisasi Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Selasa (26/9/2017). Proyek normalisasi bantaran Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri memasuki tahap pemasangan dinding turap untuk menguatkan bantaran agar tidak longsor sekaligus sebagai salah satu antisipasi banjir.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG Ingatkan Pemrov DKI untuk Antisipasi Banjir", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/21/15535881/bmkg-ingatkan-pemrov-dki-untuk-antisipasi-banjir. Penulis : Sherly Puspita Editor : Ana Shofiana Syatiri

BMKG Ingatkan Pemrov DKI untuk Antisipasi Banjir

Pekerja menyelesaikan proyek normalisasi Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Selasa (26/9/2017). Proyek normalisasi bantaran Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri memasuki tahap pemasangan dinding turap untuk menguatkan bantaran agar tidak longsor sekaligus sebagai salah satu antisipasi banjir.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG Ingatkan Pemrov DKI untuk Antisipasi Banjir", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/21/15535881/bmkg-ingatkan-pemrov-dki-untuk-antisipasi-banjir.  Penulis : Sherly Puspita Editor : Ana Shofiana Syatiri
Pekerja menyelesaikan proyek normalisasi Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Selasa (26/9/2017). Proyek normalisasi bantaran Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri memasuki tahap pemasangan dinding turap untuk menguatkan bantaran agar tidak longsor sekaligus sebagai salah satu antisipasi banjir.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Harry Tirto Djatmiko mengatakan, musim hujan di Jakarta dan sekitarnya akan dimulai pada November 2018. Ia mengatakan, hujan yang terjadi di Jakarta akhir-akhir ini menunjukkan bahwa Jakarta sudah masuk dalam masa transisi menuju musim hujan. Oleh sebab itu, lanjutnya, ia mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk segera melakukan upaya pencegahan banjir. “Intinya saat ini mumpung masih September, mumpung belum di musimnya, maka dilakukan langkah-langkah antisipasi,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (21/9/2018). Baca juga: Antisipasi Banjir, BPBD Kabupaten Bekasi Berencana Pasang Alat Pendeteksi Banjir di Sungai Menurut dia, hujan yang turun akhir-akhir ini harus dijadikan sebagai momentum uji coba kesiapan Pemprov DKI dalam menangani banjir. “Trending topic di Twitter (tentang potensi hujan yang mengguyur Jakarta hari ini) itu positifnya ini sudah terjadi hujan lho.” “Artinya, kalau sudah ada hujan seperti ini kita uji dulu, sedikit-sedikit dulu. Kalau sedikit-sedikit saja terjadi genangan, ya berarti kan enggak prepare, kan gitu. Jadi segera lakukan pengerukan sungai,” paparnya. Baca juga: Antisipasi Banjir, DKI Akan Bangun Embung di Pondok Labu Selain itu, lanjut Harry, pada masa transisi seperti ini biasanya hujan akan disertai dengan kilat dan angin. Oleh sebab itu, Pemprov DKI juga harus mulai melakukan pemantauan terhadap pohon-pohon yang berpotensi tumbang dan mencelakakan warga. “Jadi segera lakukan perapian pohon, pengecekan pohon, bangunan konstruksi, bangunan semipermanen dan nonpermanen itu,” ujarnya. Seperti diketahui, genangan air muncul di sejumlah lokasi akibat hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta pagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “BMKG Ingatkan Pemrov DKI untuk Antisipasi Banjir”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/21/15535881/bmkg-ingatkan-pemrov-dki-untuk-antisipasi-banjir.
Penulis : Sherly Puspita
Editor : Ana Shofiana Syatiri

Check Also

Pendataan Aset Pemprov DKI Sudah 75 Persen

Pendataan aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mencapai 75 persen. Kepastian aset tersebut …