Home / Kliping / Efek Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Limbah Busa di KBT
Aliran KBT Cibesel mengeluarkan busa berwarna putih(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Limbah Busa di KBT", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/06/05000091/efek-negatif-yang-bisa-ditimbulkan-dari-limbah-busa-di-kbt. 
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Robertus Belarminus
Aliran KBT Cibesel mengeluarkan busa berwarna putih(KOMPAS.com/Ryana Aryadita) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Limbah Busa di KBT", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/06/05000091/efek-negatif-yang-bisa-ditimbulkan-dari-limbah-busa-di-kbt. Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Robertus Belarminus

Efek Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Limbah Busa di KBT

Aliran KBT Cibesel mengeluarkan busa berwarna putih(KOMPAS.com/Ryana Aryadita) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Limbah Busa di KBT", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/06/05000091/efek-negatif-yang-bisa-ditimbulkan-dari-limbah-busa-di-kbt.  Penulis : Ryana Aryadita Umasugi Editor : Robertus Belarminus
Aliran KBT Cibesel mengeluarkan busa berwarna putih(KOMPAS.com/Ryana Aryadita)

JAKARTA, KOMPAS.com – Plt Kepala UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Andono Warih menyatakan, tercemarnya air di saluran Kanal Banjir Timur ( KBT) oleh detergen bisa menimbulkan sejumlah efek negatif. Sebab, detergen mengandung zat aktif yang sama dengan pupuk NPK, yaitu fosfat. Kandungan fosfat ini bila terakumulasi di bagian hilir atau teluk, bisa mengurangi kadar oksigen di suatu perairan. Baca juga: Dinas LH DKI: Busa di Aliran KBT Cibesel Juga Berasal dari Bekasi “Fosfat bila terakumulasi di teluk bisa bahaya, seperti memberi pupuk ke mikroorganisme, sehingga dapat mengurangi kadar oksigen di perairan,” ucap Andono, saat dihubungi, Jumat (5/10/2018). Ia menyebut, efek lain dari detergen bila terkena kulit orang yang sensitif dapat menimbulkan gatal-gatal. “Air sabun kalau kena kulit kita yang sensitif kan bisa membuat kulit gatal-gatal,” kata dia. Sebelumnya, aliran KBT tepatnya di jembatan RW 006, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, dipenuhi dengan busa berwarna putih. Baca juga: Busa di KBT Cibesel Disebabkan oleh Limbah Rumah Tangga dan Kegiatan Usaha Ismail (45), petugas UPK badan air dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Timur, mengatakan, busa putih ini terus-menerus keluar sejak sebulan terakhir. “Sudah sebulan ini busanya, cuma kurang tahu ini dari mana” ujar Ismail, di lokasi, Rabu (3/10/2018).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Efek Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Limbah Busa di KBT”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/06/05000091/efek-negatif-yang-bisa-ditimbulkan-dari-limbah-busa-di-kbt.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Robertus Belarminus

Check Also

Pendataan Aset Pemprov DKI Sudah 75 Persen

Pendataan aset-aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mencapai 75 persen. Kepastian aset tersebut …